PT BDL Berulah Lagi, Warga Desa Toruakat Blokade Jalan Trans Kotamobagu Sulut

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bolmong – Ratusan warga Desa Toruakat, Kecamatan Dumoga (Red-Bolmong) menggelar aksi Blockade Jalan Trans Kotamobagu-Dumoga pada, Selasa (7/12/21) Kemarin.

Aksi blockade Jalan tersebut, di akibatkan adanya dugaan aktivitas kegiatan pertambangan emas di lokasi PT. Bulawan Daya Lestari (BDL) yang dilakukan oleh segelintir oknum, pada hal diketahui lokasi tambang emas PT.BDL ini masih dalam status masalah hukum serta tidak di perbolehkan ada kegiatan pertambangan, dikarenakan adanya insiden peristiwa penembakan yang terjadi pada 27 September 2021 yang lalu.

Peristiwa penembakan yang menewaskan salah satu warga Desa Toruakat Insial AD dan satunya lagi mengalami luka tembak di bagian dada, tentunya sangat memukul hati pihak warga Desa Toruakat Kecamatan Dumoga (Red:Bolmong). itu sebabnya, mereka menuntut pihak aparat penegak hukum (APH) dan pemerintah untuk menindak tegas aktivitas kegiatan pertambangan emas dilokasi yang dimaksud.

” Torang cuma minta hentikan kegiatan disana, turunkan alat berat dan tangkap pelaku tambang yang melakukan aktivitas pertambangan di PT.BDL,” Harap Warga.

Dari pantauan wartawan, kemacetan kendaraan terjadi begitu panjang, sehingga tak satupun kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang bisa melewati akses jalan tersebut.

Beberapa sopir angkot berharap kiranya jangan terjadinya lagi penutupan akses jalan (Blockade) seperti ini. Tentunya ini sangat merugikan kami (Sopir) maupun pengendara lainnyapun begitu, kericuan ini terjadi, juga akibat masalah yang tidak perna tuntas.
Maka dibutuhkan ketegasan pihak kepolisian dan pemerintah agar jangan pula mengijinkan aktivitas kegiatan pertambangan emas berlangsung di PT.BDL.

“Coba pemerintah dan polisi tegas, tutup kegiatan disana, karena masih dalam status masalah hukum, kalau begini terus, bisa menimbulkan masalah baru lagi,” Pintah para Sopir yang menunggu Blockade Jalan dibuka.

Pewarta : Chandra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *