Abah Gus Nuril Arifin Husein berjiarah ke Makam Khalilullah T. Diujung Simeulue

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Simeulue Aceh – Didampingi Kapolres Simeulue AKBP Pandji Santoso SIK, M.Si, Gus Nuril Arifin Husein bersama istri berjiarah ke makam T. Diujung (Syekh Khalilullah), Rabu, (8/12/2021).

Gus Nuril tiba di Simeulue Selasa pagi (7/12/2021), siangnya mengisi acara wawasan kebangsaan di Aula Joglo Mapolres Simeulue. Hari kedua di Simeulue Gus Nuril menyempatkan diri Jiarah ke makam T. Diujung Desa Latak Ayah kecamatan Simeulue Cut.

Saat tiba di makam T. Diujung, Gus Nuril disambut Camat Simeulue Cut Romaidon Darma, Kapolsek Simeulue Tengah IPTU Hermansyah, DanRamil Simeulue Tengah dan Pos AL.

Gus Nuril menyampaikan dalam ramatamanya dengan warga dan keturunan ke 8 (delapan) T. Diujung, Juarsani sebagai Kades Kuta Inang juga Sangat senang bisa berkunjung ke makam Syekh Khalilullah (T. Diujung).

“Saya sangat senang bisa berkunjung ke makam wali Allah syekh Khalilullah atau T. Diujung. Di Jawa makam Wali Allah Syekh Khalilullah yang ada Simeulue ini sangat terkenal dan besar karomahnya dan bisa dibuktikan saat tsunami melanda Aceh tahun 2004 lalu.

Makam syekh Khalilullah tidak hancur dihantam ombak besar tsunami, ini tanda kebesaran Allah yang melindungi makam kekasih-Nya yang mensiarkan agama Islam di Simeulue, saat melaksanakan tugas dakwah dari Raja Sultan Iskandar Muda.

Kades Kuta Inang Juarsani, sebagai keturunan ke 8 (delapan) Syekh Khalilullah/ T. Diujung menceritakan sejarah singkat kedatangan Syekh Khalilullah ke Simeulue.

Diperkirakan kedatangan Syekh Khalilullah ke Simeulue pada pertengahan Abad ke 16 dan meninggal pada awal abad 17, Syekh Khalilullah datang ke Simeulue untuk mensiarkan agama Islam yang mendapat tugas dari Raja Sultan Iskandar Muda Aceh Darussalam, imbuh Juarsani.

Lanjut Juarsani, Syekh Khalilullah sebenarnya ingin menunaikan ibadah haji pada waktu itu, saat menghadap sang Sultan, Syekh Khalilullah mendapatkan perintah dari Sultan Iskandar Muda untuk mensiarkan agama Islam ke Simeulue dan membatalkan berangkat menunaikan ibadah hajinya.

Acara kunjungan Jiarah Gus Nuril Arifin ke makam Syekh Khalilullah, ditutup dengan kegiatan santunan kepada anak yatim.

 

 

Pewarta : Hendra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.