Alami kecelakaan maut, Jenasah Mahasiswa asal Aceh dipulangkan PAS ke kampung halamannya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Abdan Syakira (20) mahasiswa asal Aceh yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Terbuka (UT) Yogyakarta meninggal dunia dalam insiden kecelakaan di Yogyakarta, Rabu (8/12/21) malam, jenazah almarhum akan dipulangkan ke Kampung Baru Takengon Barat Kecamatan Laut Tawar kabupaten Aceh Tengah.

Pemulangan jenazah Almarhum Abdan Syakira ke Aceh ditangani Persaudarahan Aceh Serantau (PAS) Jakarta bekerjasama dengan Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) Jakarta H. Akhyar Kamil SH, yang dihubungi Media ini Kamis (9/12/21).

Menurut Akhyar, setelah saya mendapatkan informasi dari Ketua BPPA dan diminta tolong oleh keluarga almarhum Abdan Syakira, dan kami siap untuk membantu memulangkan jenazah tersebut kerumah duka, ujarnya

Jenazah Abdan Syakira sekarang sedang dalam perjalanan dari Yogyakarta menuju ke Aceh Tengah melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandar Udara Internasional Kuala Namu Sumut, setibanya di Medan sudah ada Relawan PAS Aceh Timur yang menjemput jenazah almarhum Abdan, jelas Akhyar.

 

Proses pemulangan jenazah mahasiswa tersebut difasilitasi oleh Pemerintah Aceh melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) bersama Persaudaraan Aceh Seranto (PAS), sedangkan dari Yogyakarta juga ikut dibantu oleh organisasi mahasiswa Aceh di Yogyakarta, Taman Pelajar Aceh (TPA) Yogyakarta. Imbuhnya

Kepala BPPA Almuniza Kamal S.STP, M.Si, mengatakan, jenazah dipulangkan dari Yogyakarta dengan menggunakan ambulan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang setelah Dhuhur.

Nanti akan didampingi oleh mahasiswa Aceh yang di Yogyakarta, Sesampainya di Bandara Soekarno Hatta, disambut oleh kawan-kawan relawan PAS di Jakarta, serta dari BPPA, kata Almuniza.

Selanjutnya, kata Almuniza, jenazah dipulangkan dengan menggunakan pesawat ke Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Setibanya di sana nanti akan ditunggu oleh tim PAS Aceh, lalu diantar ke kampung halamannya dengan menggunakan ambulans PAS Aceh Timur.

Almuniza mengatakan, pemulangan jenazah warga Aceh kurang mampu di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya selalu difasilitasi oleh Pemerintah Aceh, Karena itu juga merupakan amanah dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Ini juga amanah dari Isteri Gubernur, Ibu Dyah Erti Idawati untuk membantu memfasilitasi pemulangan jenazah, dan bekerja sama dengan mahasiswa Aceh dan paguyuban Aceh, katanya.

Dalam hal ini, kata Almuniza, Pemerintah Aceh turut menyampaikan duka cita, dan mendoakan serta keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah atas cobaan ini.

Semoga Abdan Syakira dItempatkan di Syurganya Allah SWT, dan keluarga yang selalu ditinggalkan tabah menerima musibah ini, ujarnya.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun media ini dari Ketua Taman Pelajar Aceh (TPA) Yogyakarta, Wahyu Zia Ulhaq mengatakan, mereka yang masih berstatus mahasiswa di Universitas Terbuka (UT) Yogyakarta, mengalami kecelakaan di Jalan Ring Road, kawasan Juangan, Yogyakarta, sekitar pukul 20.00 WIB, Rabu, (8/12/21).

Kronologis kejadiannya terjadi saat Almarhum yang memboncengi kawannya dengan menggunakan sepeda motor, ditabrak dari belakang oleh sebuah mobil pribadi, Sehingga mengakibatkan mengalami pendarahan, sedangkan temannya hanya mengalami luka ringan.

Setelah kejadian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yogyakarta, guna mendapatkan penanganan medis, Namun, sekitar pukul 22.45 WIB, beliau menghembuskan nafas terakhirnya, Almarhum sudah tiga tahun menempuh pendidikan di Yogyakarta.

 

Pewarta : Ijal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.