Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia 2021, Kapolresta Banyuwangi Potong Tumpeng Bersama Aliansi Masyarakat Banyuwangi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Banyuwangi Jatim – Memperingati hari anti korupsi sedunia di Banyuwangi yang diselengarakan pada Kamis, 09 Desember 2021 dipenuhi ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Pegiat Anti Korupsi (APAK) mengawali aksinya dengan berkumpul di depan Kantor DPRD Kabupaten Banyuwangi selanjutnya melakukan longmach menuju Kantor Bupati Banyuwangi.

Aliansi Pegiat Anti Korupsi Banyuwangi peringati hari anti korupsi sedunia, 09 Desember 2021 mengusung tema “Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi” terlihat beberapa aktivis, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (ORMAS) mengadakan aksi di depan kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sambil meneriakan “Lawan Koruptor, Berantas koruptor, Jangan Biarkan Koruptor sengsarakan Masyarakat banyuwangi,” teriak Orator.

Aksi yang digelar tersebut bertujuan untuk mengingatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi untuk tetap menjaga transparansi keuangan daerah tentu dengan harapan agar keterbukaan terkait anggaran bisa tetap dilakukan agar masyarakat tau anggaran yang dikeluarkan tepat sasaran tepat waktu dan tepat guna,” ujar orator.

Berkenaan dengan aksi tersebut Eko Wijiono selaku Kordinator Aksi mengatakan dan juga ketua aliansi pegiat anti korupsi mengatakan bahwa peringatan hari anti korupsi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain ada panggung jalanan teatrikal dengan tema Santet koruptor, bakar koruptor, juga menggunakan alat peraga berupa boneka.

“Tujuannya menyampaikan bongkar bongkar kasus korupsi yang ada di Banyuwangi berdasarkan data dan fakta, kita akan memasukan 10 laporan dugaan tindak pidana korupsi, yaitu 5 laporan kita sampaikan ke Kejaksaan Banyuwangi dan 5 laporan ke Polresta Banyuwangi,” Tegas Eko Wijiono.

Tak hanya itu, disaat aksi orasi berlangsung mereka juga menggelar syukuran dengan pemotongan tumpeng tepat didepan Kantor Pemkab Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu yang memimpin langsung pengamanan aksi turut Potong Tumpeng Bersama Aliansi Masyarakat Banyuwangi serentak pujian massa bertebaran mengiringi detik detik pemotongan tumpeng aksi massa mengacungi jempol kepada Kapolresta Banyuwangi yang sangat perduli terhadap masyarakat Banyuwangi.

Ditempat yang sama, Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, Peringatan Hari Anti Korupsi ini dimaksudkan sebagai momentum sinergi dan kolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan integritas dan memperkuat budaya antikorupsi, sehingga tercipta kepercayaan publik. “Dengan kontribusi dan partisipasi dari seluruh masyarakat terhadap kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat benteng integritas pemerintahan, sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi pun berjalan secara optimal dan pemulihan ekonomi akan berjalan sesuai harapan,” tutur AKBP Nasrun Pasaribu.

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun juga mengucapkan, “Semoga dalam kegiatan hari ini bisa menjadikan Banyuwangi Lebih baik dan terus Lawan Korupsi,” ucapnya.

Usai orasi, massa kemudian meninggalkan lokasi dengan tertib dan diakui semua pihak bahwa aksi Anti Korupsi Sedunia tahun 2021 selesai dengan Sukses.

Pewarta : Rocky Sapulette

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.