Polres Bitung Ungkap Peredaran Ribuan Butir Obat Bebas Terbatas Neomethor

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sulut – Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Bitung mengungkap kasus peredaran butir obat bebas jenis Neomethor. Pengungkapan ini dilakukan atas pengembangan informasi dari warga.

Dalam hal tersebut, tim seorang pria berinisial A38, warga Kota Bitung, yang diduga kuat sebagai pemilik sekaligus pengedar obat jenis Neomethor.

“A memiliki di warung miliknya yang berada di wilayah Girian, Kota Bitung, pada hari Jumat (10/12/2021) malam. Barang bukti yang ada sekitar 2.300 butir obat jenis Neomethor,” ujar Kasatresnarkoba Polres Bitung AKP Derry Eko Setiawan, Sabtu (11/12) siang.

Dijelaskannya, Neomethor merupakan obat bebas terbatas dan banyak dijual bebas di Kota Bitung, serta dikonsumsi masyarakat dalam kapasitas banyak tanpa resep dokter.

Sangat selain jika Neomethor dijual dan dibeli bebas di kios-kios apotek dan juga dikonsumsi dalam kapasitas banyak tanpa aturan pakai. Itu sangat berbahaya membahayakan kematian, apalagi yang harus dikonsumsi oleh anak-anak remaja yang masih sekolah,” kata AKP Derry.

Ditambahkan AKP Derry, A bersama barang bukti sudah ada di Mapolres Bitung untuk diperiksa lebih lanjut.

Terkait kasus tersebut, sambungnya, dengan pasal 196 jo pasal 98 ayat (2) UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, ancaman hukumannya bisa 10 tahun kurungan penjara.

“Semoga ini menjadi pembelajaran kita bersama dalam mencegah peredaran dan pembelajaran obat bebas terbatas tanpa izin, khususnya di wilayah Kota Bitung,” pungkas AKP.

 

 

Pewarta : Maulana

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *