Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi jadi sentra vaksinasi lansia dan komorbid

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bekasi – Sentra Vaksinasi di Stadion Patriot Candrabhaga merupakan program Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kesehatan.

Kegiatan vaksinasi tersebut secara khusus digelar dengan nama “Gebyar Vaksinasi”, yang ditujukan kepada lansia dan komorbid.

Pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi ini, diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 11-12 Desember 2021.

Vaksinasi ini ramai dikunjungi warga masyarakat khususnya lansia dan komorbid, yang belum melaksanakan vaksinasi, khususnya vaksinasi Dosis 1 dan 2.

Pelaksanaan Gebyar Vaksinasi untuk lansia dan komorbid tertuang dalam Surat Edaran (SE) Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi Nomor 440/1919/SET.COVID-19.

Dalam Surat Edaran tersebut tertulis bahwa vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kota Bekasi masih di bawah 60%.

Terhitung per tanggal 2 Desember 2021, untuk lansia, baru mencapai 56,1 persen yaitu sebanyak 87.603 jiwa dari target 156.149 jiwa.

Hal ini menjadi latar belakang digelarnya Gebyar Vaksinasi untuk lansia dan orang dengan penyakit komorbid.

Semenjak pendaftaran online dibuka pada Selasa tanggal 07 Desember 2021, terdapat 500 jiwa yang terdaftar dan di hari pertama pelaksanaannya, (11/12/2021) sebanyak 450 orang telah tervaksin berdasarkan keterangan dr. Sudirman selaku penanggungjawab Gebyar Vaksinasi.

“Jenis vaksin yang digunakan di Gebyar Vaksinasi untuk lansia dan orang dengan penyakit komorbid adalah Sinovac dan tersedia untuk dosis 1 dan 2. Dibuka dari jam 08.00 sampai dengan 12.00 WIB, namun jika ada masyarakat umum yang butuh vaksin jenis Sinovac juga, akan kami layani, namun tetap prioritas utama kami di Sabtu dan Minggu pekan ini adalah lansia dan komorbid, karena Sentra Vaksinasi akan tetap buka normal setelah ini,” papar dr. Sudirman.

Layanan vaksinasi untuk lansia dan komorbid tentunya disediakan secara maksimal oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi, agar peserta merasa nyaman dan tenang tidak takut dan ragu untuk divaksin.

Dalam vaksnasi tersebut menghadirkan Dokter Spesialis dari RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid untuk kebutuhan konsultasi kesehatan.

“Kami siapkan Dokter Spesialis untuk mengkonsultasikan kesehatan jika masih ada peserta yang merasa ragu atau takut, silahkan konsultasikan diri terlebih dahulu, karena untuk konsultasi Dokter Spesialis tidak dikenakan biaya sama sekali, yang terpenting jujur saat konsultasi dan skrinning kesehatan, serta pastikan dalam kondisi yang benar-benar fit,” ujar dr. Sudirman.

 

Pewarta : Dadang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *