Peringati Hari Juang TNI-AD, Kodim 0713 Brebes ziarah ke TMP Kusuma Tama Brebes

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes Jateng – TNI Angkatan Darat Bersama Rakyat Membangun Bangsa, adalah tema yang diangkat dalam perayaan Hari Juang TNI-AD, tanggal 15 Desember tahun ini.

Di Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Kodim 0713 Brebes melakukan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Tama Brebes, untuk mengenang hari besar di lingkungan TNI, yaitu Hari Infanteri atau sekarang disebut Hari Juang Kartika. Selasa (14/12/2021).

Ziarah rombongan ini diawali dengan penghormatan militer kepada 69 arwah kusuma bangsa yang terbaring di TMP tersebut, kemudian dilanjutkan peletakan karangan bunga, mengheningkan cipta dan doa, tabur bunga, dan ditutup dengan penghormatan militer akhir.

Dandim Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan menjelaskan, Hari Juang TNI-AD diperingati untuk mengenang pertempuran mempertahankan kemerdekaan RI di Kota Ambarawa (pertempuran Ambarawa).

Menurutnya, bangsa ini merdeka berkat para pahlawan yang yang rela berjuang mengorbankan harta, keluarga, dan bahkan nyawa demi bangsanya terbebas dari penjajahan.

“Selaku generasi pengawal kedaulatan bangsa bangsa saat ini, hendaklah berintrospeksi diri untuk selalu mewarisi nilai-nilai kepahlawanan yaitu berjuang tanpa pamrih demi keutuhan NKRI,” ujarnya.

Kemudian dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan, generasi sekarang dan selanjutnya harus mampu mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, sesuai tupoksi masing-masing demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

Haikal menambahkan, selain ziarah rombongan, peringatan Hari Juang TNI-AD kali ini juga diisi dengan doa bersama di Masjid Darut Taqwa Makodim Brebes serta kegiatan sosial donor darah secara tersebar (200 kantong darah) untuk disumbangkan ke masyarakat melalui PMI.

Turut hadir juga anggota dari Subdenpom IV/1-4 Brebes, Minvetcad IV-07 Brebes Brebes, serta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIII Kodim Brebes.

 

Pewarta : Mail/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *