Polda Kaltim Luncurkan Aplikasi Lembuswana Dalam Penanganan Karhutla

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kaltim – Polda Kaltim memperkenalkan terobosan terbarunya dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Lembuswana di Hotel Novotel Balikpapan, (16/12/2021)

Melalui sambutannya, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, yang turut dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen Teguh Pudjo Rumekso dan dari Kementrian Kehutanan RI yang diwakili Direktur Pengendalian Karhutla Ir. Basar Manullang, M.M, Dandrem, Dandim, GM PT Pertamina, pengusaha tambang batu bara dan kelapa sawit yang ada di Kaltim, Pihaknya sudah mewacanakan sejak lama. dan proses pembuatan aplikasi Lembuswana, dibiayai sepenuhnya oleh Pemprov Kaltim

Pentingnya aplikasi ini untuk mengetahui secara jelas Hotspot (Titik Api) terkait kebakaran hutan dan lahan. Sehingga dapat diatasi dengan cepat. Kapolda juga mengajak seluruh Kapolres, Kapolsek,Babinkamtibmas di Kaltim wajib memiliki aplikasi Lembuswana dan harus setiap waktu memantaunya,mengingat wilayah Kaltim yang sangat luas.

Herry mencontohkan, semisal titik api berada disalah satu lokasi tambang batu bara, maka pihak nya melalui Command Center akan menghubungi pemilik tambang batu bara tersebut untuk memastikan titik panas di lokasinya.

Sementara itu direktur pengendalian kebakaran hutan & lahan Ir. Basar Manullang, M.M menyatakan apresiasinya kepada Gubernur dan Kapolda Kaltim yang telah melaunching aplikasi Lembuswana ini, Aplikasi Lembuswana sangat efektif sekali digunakan untuk memonitoring mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang lebih luas lagi.

 

Pewarta : Deddy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *