Puluhan Petani Gambir Pakpak Bharat Study Banding di Kab Lima Puluh Kota

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat – Puluhan petani gambir asal Kabupaten Pakpak Bharat mengadakan study banding tentang pengolahan gambir di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat ini dilaksanakan pada, 13-15 desember 2021 dengan mengunjungi pusat-pusat pengolahan gambir yang ada di Daerah ini.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor yang turut mendampingi para petani gambir dalam rangkaian kegiatan ini mengatan bahwa study banding ini dirasa sangat perlu mengingat bahwa Pakpak Bharat saat ini menjadi pusat penghasil gambir terbaik khususnya di Sumatera Utara.

Saya sampaikan apresiasi dan terimakasih yang tinggi atas difasilitasinya para petani kami dalam menimba ilmu di sini, dimana kita tahu sejak lama Sumatera Bharat dan Pakpak Bharat adalah pusat penghasil gambir terbaik di Indonesia bahkan telah mendunia, kita berharap dengan adanya study banding ini akan menambah pengetahuan kami dan para petani kami di Pakpak Bharat tentang tatacara pengolahan gambir,” ucap Bupati dalam sambutannya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Lima Puluh Kota Widya Putra, S. Sos, M.Si mengatakan pihaknya siap membantu pengembangan tanaman gambir di Pakpak Bharat. Kita jadikan kegiatan study banding ini sebagai sarana berbagi ilmu dan pengalaman khususnya tentang tanaman gambir yang menjadi unggulan kita di dua Daerah ini,

“Kami juga sangat bersyukur Kabupaten Lima Puluh Kota ini dipercaya oleh teman-teman dari Pakpak Bharat, para petani gambir untuk dapat berbagi ilmu di Daerah kita ini, selamat berbagi ilmu dan bagi kami tamu adalah raja, jangan sungkan-sungkan bilamana ada keperluan-keperluan silahkan diutarakan,” ucap Widya Putra Ramah.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Lima Puluh Kota dalam kegiatan ini diantaranya Asisten Administrasi Umum Sekda Lima Puluh Kota Drs. Azuhdi Perama Putra, M.Si dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kab.Lima Puluh Kota Mayang Sari Ekalisa, SP, M.Si.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat Maringan Bancin, ST, MT mengatakan, bahwa kegiatan study banding ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Pakpak Bharat dalam mengedukasi para petani gambir guna mendorong serta membangun komunitas gambir sebagai salah satu produk unggulan terbaik Pakpak Bharat.

“Merupakan bentuk upaya kita untuk membantu para petani gambir kita dalam mengembangkan serta mengolah tanaman gambir menjadi produk-produk yang lebih bernilai,” ucap Maringan Bancin di Pendopo Bupati Lima Puluh Kota.

 

Pewarta : Malau

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.