Kakorlantas Polri Pimpin Kunjungan dan Pengecekan Pos Terpadu Gate Tol Pejagan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes – Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi beserta rombongan dari Mabes Polri melakukan Kunjungan dan Pengecekan di Pos Terpadu Gate Tol Pejagan Brebes Sabtu, (25/12/2021)

Hadir dalam rombongan tersebut Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetio dan As Ops Kapolri Polri Irjen Pol Imam Sugianto serta Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di dampingi oleh Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho dan Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, Dandim 0713 Brebes Letkol Haikal Sofyan dan Bupati Brebes Idza Prianti juga Wakil Bupati Narjo serta Instansi terkait lainnya.

Dirlantas Polda Jateng dalam paparanya di depan Kakorlantas dan rombongan menjelaskan Pola Pengamanan jalur akan di laksanakan dengan mangemen rekayasa lalulintas dan kegiatan lainnya untuk memperlancar jalur di Wilayah Jawa Tengah pada Libur Nataru tahun ini.

Ada dua jalur yang pertama jalur pantura antara perbatasan Jabar sampai Jatim dan satu lagi yaitu jalan Tol yang di mana jalur Tol tersebut merupakan jalur perioritas bagi pengguna jalan dan ketiga ada jalur tengah dan jalur selatan.Dirlantas mengemukakan bahwa pada saat ini peningkatan arus baik di Jalur Tol dan jalur pantura dan jalur selatan tidak meningkat secara Signifikan.

Dirlantas menjelaskan khususnya di jalur Tol untuk Wilayah Hukum Polda Jateng terdapat 29 exit Tol dan ada 10 rest area yang terdapat Pos Pengamanan dan Pelayanan.

Apabila terjadi kepadatan arus di jalur Tol Dirlantas akan melaksanakan sekenario untuk mengurai dan memperlancar arus yaitu dengan melakukan rekayasa lalulintas seperti dengan melakukan contra flow juga akan melaksanakan one way, saat ini pantauan di jalur Tol arus mudik lancar dan terkendali akan tetapi untuk arus balik di perkiraan pada tanggal 10 akan meningkat.

Sementara itu Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto melalui Kasat Lantas AKP Endah Setianingsih menjelaskan di depan Kakorlantas dan Rombongan terdapat beberapa jalur yang berada di Wilayah Hukum Polres Brebes yaitu jalur Pantura, Jalur Selatan, Jalur Tengah dan Jalur Tol sepanjang 34 KM.

“Untuk jalur Tol di Wilayah Hukum Polres Brebes memiliki jalur sepanjang 34 KM dua rest area dan tiga pintu Exit Tol dan kami juga memiliki dua Pos Pengamanan dan pelayana serta satu Pos Pam Terpadu, manakala terjadi kepadatan atau kemacetan arus lalu lintas maka atas intrusksi Dirlantas Polda Jateng, Kami akan melaksanakan one way ataupun Contra flow sesuai dengan kebutuhan dan arus akan di keluarkan exit tol barat maupaun exit tol timur dan sepanjang jalur tol sudah di siapkan tim urai,” Jelas Kasatlantas

Dalam kunjungannya tersebut Kakorlantas melakukan pemantauan situasi arus lalu lintas di sepanjang tol Pejagan serta melakukan pengecekan situasi pos pengamanan terpadu gate tol pejagan dilanjutkan pers release kepada wartawan.

Kakorlantas menyampaikan dalam kunjungan kerja ini adalah untuk memastikan dan memberikan suport kepada anggota yang sudah beberapa hari yang lalu melaksanakan pengamanan dan pelayanan.

Kakorlantas berharapa agar masyarakat bisa memastikan perjalanan dengan tenang dengan keberadaan Pos Pengamanan dan Pelayanan yang di tempatkan di jalan.

Kakorlantas juga menghimbau kepada masyarakat agar ikut dan berperan aktif agar pelaksanaan pengamanan dan pelayanan berjalan dengan baik, dan tertib aturan agar sampai selamat di tujuan jangan sampai ingin cepat tapi justru nanti malah menghambat, serta untuk selalu mentaati dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik agar supaya Pandemi Covid -19 cepat berkahir dan perekonomian bisa tumbuh dengan normal kembali.

Sementara itu Asops, Irjen Imam Sugianto memberikan apresiasi atas inovasi pengamanan dan pelayanan yang dilaksanakan Polda Jateng jajarannya dalam rangka operasi lilin candi 2021. Asops juga mengapresiasi capaian vaksinasi Jateng yang melampaui target nasional dengan total 76,9 persen.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan, Polda Jateng menerapkan pengamanan secara terintegrasi di masing-masing pos pelayanan. Adapun pusat pengendalian pengamanan berada di Pos GT Pejagan Brebes dan Pos Kalikangkung, Semarang.

“Anggota juga wajib siaga terkait pengamanan Nataru, baik dalam pengamanan arus lalu lintas maupun mencegah potensi gangguan kriminalitas. Intinya Polda Jateng optimal untuk memberikan jaminan bagi masyarakat selama Nataru,” tegas Kapolda.

Di sela-sela kunjungan tersebut Kakorlantas memberikan bingkisan kepada Para Petugas Pos Terpadu Gate Tol Pejagan.

 

Pewarta : Maeel / Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *