Pelindo Regional 2 tanam 10 ribu Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Utara

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Cirebon Jabar – Mendukung Cirebon Bersih Hijau dan Rindang, PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero Regional 2 Cabang Cirebon melaksanakan giat penanaman bibit Pohon mangrove sebanyak 10 ribu batang bibit Pohon ditanam di lokasi pesisir Pantai Utara Wisata Bahari MICIL tepatnya di Desa Grogol Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Rabu (29/12/2021).

Gerakan menanam pohon tersebut dipimpin langsung Asep Sudrajat pengelola Keuangan dan DGM serta termasuk CSR Pelindo (PERSERO) 2 Cabang Cirebon. Bersama dengan Tim melaksanakan Program Tanggung Jawab Social dan Lingkungan (TJSL), untuk Kelompok Masyarakat Pengurus Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Mina Cita Lestari dan secara simbolis menyerahkan tanaman bibit Pohon mangrove serta Sekaligus melakukan Tanam Pohon di lokasi sekitaran pesisir pantai tersebut dengan didampingi Akbar selaku pengurus kelompok masyarakat (pokmas) Mina Citra Lestari ( MICIL) Desa Grogol Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Asep Sudrajat mengatakan,”Kegiatan Tanam bibit Pohon mangrove ini sebelumnya kita bersama TIM ke Tempat Lokasi guna melakukan Survai langsung dari jauh jauh hari sebelumnya, dan alhamndulilllah pada kesempatan hari ini kita dan Tim sudah melaksanakannya, dengan melalui Program pemerintah kita ini untuk terus berupaya melakukan penghijauan bumi khususnya wilayah pesisir pantai sekaligus kita mendukung Program hari menanam Pohon Indonesia, Usai sebelumnya Terprogram oleh kita” diakhir Triwulan lV atau diakhir tahun 2021 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Asep Sudrajat menjelaskan,”Kegiatan tanam Pohon mangrove ini bertujuan untuk menahan abrasi, agar pesisir Pantai Utara Cirebon ini tidak terkikis oleh Air Laut atau Gelombang Ombak Air Laut. Selain untuk mencegah dari abrasi, juga termasuk penghijauan lokasi tempat pariwisata pesisir pantai,” katanya.

Dengan harapan kita bersama Tim setelah penanaman ini jika dilihat dari kelompok masyarakat yang peduli akan lingkungan pesisir pantai khususnya, Pelindo akan terus berupaya untuk memanfaatkan bibit bibitnya ataupun tempat semaianya yang dikelola oleh kelompok tani mangrove untuk ditanam, ya’ kita bersama Tim akan melakukan evaluasi seperti apa dan bagaimana dari pada hasilnya semaian bibit pohon mangrove yang dikelolah oleh kelompok tani itu sendiri, tuturnya.

Lanjut Asep,”Seusai penanaman bibit Pohon mangrove ini, kita akan evaluasi kembali untuk melihat langsung kelokasi dalam jangka waktu minimal 6 bulan kedepan, atau bisa juga maksimalnya 1 tahun kedepan, dengan alasannya, karena kegiatan tanam bibit Pohon mangrove inikan menjadi pertanggung jawabannya ke pemerintah, bukan ke kementrian.

Adapun target kedepan, Pelindo akan terus melakukan penghijauan walaupun terkadang program kita tidak harus setiap bulan dilaksanakan, tapi kita melaksanakannya terkadang 1 tahun sekali akan tetapi penghijauan ini juga bisa dilakukan selain dipantai, bisa juga dikota atau bisa juga ditempat tempat yang layak kita hijauhkan. Dalam kegiatan ini kita juga selalu mengikuti aturan system dari pemerintah setempat serta kita akan okomodir dan kita yang akan mengajukan ke pusat untuk program program selanjutnya.

Untuk wilayah kerja kami di Cirebon, tapi karena kita berada ditingkat provinsi jawa barat kadang dari pusat juga memerintahkan kita untuk diwilayah jawa barat dan sekitarnya. Karena kalo kita ini lebih mendahukukan pesisir pantai yang berkaitan dengan Pelabuhan. Kalaupun Ada program program itu turunan dari pemerintah pusat. Bukan langsung dari Cabang Pelabuhan cirebon, pungkas Asep.

 

 

Pewarta : Darto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *