Tersangka sudah ditahan, Kapolres Kotamobagu : Tidak ada pembiaran dalam peristiwa mantan Bupati Boltim

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kotamobagu Sulut – Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK, dalam konferensi pers yang digelar di Polres Kotamobagu pada Kamis (30/12/21), menyampaikan bahwa tidak ada pembiaran dalam peristiwa dugaan penganiayaan yang dialami mantan Bupati Boltim Sehan Salim Landjar (SSL) dan saat ini tersangka AK Alias Ali sudah ditahan untuk menjalani proses hukum lanjutan.

Dijelaskan Kapolres, insiden tersebut terjadi pada Kamis 30 Desember 2021, dimana pada malam itu, ia dihubungi oleh kedua bersangkutan baik itu Mantan Bupati Boltim Sehan Salim Landjar (SSL) maupun AK Alias Ali, karena kami saling mengenal pada saat saya bertugas sebagai Kapolres Boltim.

“Mereka berdua meminta saya agar bisa mendampingi pertemuan mereka di rumah kediaman AK alias Ali, di Kelurahan Tumuboi, Kecamatan Kotamobagu Timur (Red:Kotamobagu),” jelas Kapolres.

Lanjut Kapolres, Nah melalui permintaan tersebut, saya pun hadir di lokasi yang dijadikan tempat pertemuan itu, sesampainya dirumah AK, saya melihat mereka berdua lagi duduk bercerita di satu ruangan, saya pun langsung masuk dan duduk di tengah antara mereka berdua sambil menanyakan objek dari pertemuannya apa, bebernya.

“Kedatangan saya, karena keduanya baik itu SSL maupun AK menghubungi saya untuk minta hadir mendampingi, nah nanti dari situlah baru saya tahu kalau ternyata ada permasalahan hutang piutang antara kedua belah pihak, jadi sebab awal masalah adalah urusan hutang piutang SSL kepada AK,” jelas Kapolres.

Lanjut Kapolres, ketika mengetahui masalahnya kemudian Kapolres menyampaikan kepada SSL dan AK agar masalah ini diselesaikan saja secara baik-baik dsn tidak harus ada masalah.

“Saat itu saya sampaikan kepada SSL dan AK, ini masalah perdata, masalah antara kalian berdua, bicarakan dengan baik baik dan carikan jalan keluar yang baik,” terang Kapolres.

Namun kata Kapolres, pembicaraan mereka berdua belum ada titik temu, akibat SSL belum siap menyelesaikan secara keseluruhan, dan akhirnya suasana mulai memanas pada saat AK mengeluarkan suara keras, kemudian seketika saya langsung membentak dan menyuruh AK untuk diam agar kondisi bisa kembali tenang.

“Saya langsung marah AK dan menyuruh bersangkutan diam. Hal ini untuk menimalisir jangan sampai suasana tambah panas,” ucapnya.

Masih Kapolres menjelaskan, Melihat suasana mulai kurang baik, saya pun beranjak sebentar keluar ruangan mengontak anggota petugas Reksrim untuk segera datang ke lokasi (rumah AK), , Tapi pada saat saya sedang memanggil anggota, tiba tiba terdengar suara dari Pak Sehan yaitu “Adohhh…,” seketika saya langsung berbalik dan kembali melerainya, dan kondisi hidung pak Sehan dalam keadaan sudah berdarah, setelah di cek, akibat di gigit oleh AK.

Atas peristiwa itu, anggota Resmob saya perintahkan untuk evalulasi Pak Sehan sekaligus tindakan medis dan pembuatan visum, setelah itu pembuatan laporan polisi oleh Pak sehan dan AK saya perintahkan dibawah ke kantor polisi sekaligus penahanan atas kejadian tersebut.

Seraya menambahkan, Kita semua boleh berteman dengan siapa saja, saya dengan rekan-rekan pers berteman, tapi saya ingatkan. ketika terjadi pelanggaran hukum oleh teman-teman, yah,, mohon maaf saya akan tindak berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku,” pungkas Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK.

Data yang berhasil dirangkum wartawan, penyebab terjadinya insiden Ak Menggigit hidung SSL ini, disebabkan masalah awal adalah hutang piutang antara SSL dan AK pada saat kontestasi pilgub tahun sebelumnya.

Dimana Mantan Bupati Boltim Sehan Salim Landjar ( SSL ), memiliki hutang pinjaman kepada AK Alias Ali dengan jumlah nilai pinjaman berkisar di atas satu Miliar. Nah akibat belum di selesaikan hutang piutang tersebut, menyebabkan AK kesal dan mendesak SSL untuk menyelesaikannya berdasarkan perjanjian yang tekah dibuat dan disepakati.

Tapi, dengn kurun waktu yang berjalan berdasarkan surat perjanjian yang disepakati tersebut, SSL belum juga menuntaskannya, hingga menyebabkan keduanya bertemu untuk membicarakan masalah hutang piutang itu, namun tak disangka, dalam pertemuan tersebut, terjadinya insiden AK menggigit hidung Mantan Bupati Boltim Sehan Salim Landjar ( SSL ) hingga robek.

Sampai berita ini naik tayang, AK sudah di tahan oleh pihak kepolisian di Polsek Kotamobagu untuk menjalani proses hukum.

 

 

Pewarta : Chandra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.