Kapolres Nunukan musnahkan barang bukti hasil kejahatan Narkotika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto.SIK, memimpin pemusnahan barang bukti hasil kejahatan narkoba jenis sabu – sabu dan Extasi, Jumat (31/12/2021).

Hadir dalam pemusnahan ini, Kapolres Nunukan Polda Kalimantan Utara AKBP Ricky Hadiyanto.SIK didampingi Waka Polres, dan Kasat Resnarkoba, hadir juga dari Kejaksaan Negeri Nunukan, Pengadilan Negeri, Kepala BNN Nunukan, Dansatgas Pamtas dan sejumlah tamu dan undangan lainya.

Menurut AKBP Ricky H SIK, kasus tindak Pidana Narkoba yang ditangani Polres Nunukan terjadi peningkatan setiap tahunnya dan pada tahun 2020 jumlah laporan Polisi sebanyak 100 kasus dituntaskan sebanyak 80 dan jumlah tersangka Laki Laki 147 orang perempuan 14 Orang dan jumlah barang bukti sabu sabu 30.307,84 Gram. Sementara untuk kasus Narkotika tahun 2021 sebanyak 119 Kasus dan tuntas 113 Kasus.

Jumlah terpidana Laki-Laki sebanyak 155 orang dan terpidana Perempuan sebanyak 25 orang dan 3 orang Pria Warga Negara Asing (WA).ujar kapolres nunukan didmpingi Kasat Reskoba Polres Nunukan.

Lanjut Kapolres Nunukan yang kurang kebih baru 2 bulan menjabat sebagai Kapolres Nunukan mengantikan AKBP Syaiful Anwar SIK yang dimutasi ke Mabes Polri.

Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto.SIK, saat memberikan keterangan kepada awak media

Menurut AKBP Ricky Hadiyanto.SIK, persoalan Narkoba tetap kita optimis dan tetap memberantas hingga ke akar-akarnya dan kita juga punya target, apalagi Nunukan ini berbatasan langsung dengan Negara Tetangga Sabah dan Serawak menjadikan Nunukan sebagai jalur pelintasan baik manusia maupun barang Illegal lainya termasuk Narkoba.

Di Nunukan paling menonjol adalah kasus tindak Pidana Narkotika dibandingakan kasus kriminal lainya, sesuai data dari Kasat Reskoba memang terjadi kenaikan jumlah pengungkapan kasus Narkotika yang terjadi tahun 2020 ke tahun 2021 sebanyak 19 dengan Presentase sebesar 19 % dan jumlah harang bukti narkotikah jenis Sabu- Sabu dari tahun 2020 ke tahun 2021 terjadi kenaikan sebesar 21,685,19 Gram dengan presentase 71%..

Pada jumlah barang bukti narkotika jenis XTC dari tahun 2020 ketahu 2021 terjadi kenaikan sebesar 530 Butir exstasi serta jumlah tersangka dari tahun 2021 terjadi kenaikan sebesar 22 orang presentasi dengan presentse sebesar 14 %.

Adapun jumlah Laporan Polisi yang barang bukti sabu telah di musnahkan sebanyak 17 LP diantaranya 16 LP Polres Nunukan , 1 LP Polsek Sebatik Timur dengan jumlah Tersangka sebanyak 17 orang yang terdiri dari tahanan Laki-laki sebanyak 14 orang dan tahanan Perempuan sebanyak 3 orang.

Jumlah Barang bukti Sabu-Sabu yang telah dimusnahkan sebanyak 7.399,51 gram yang telah memiliki penetapan status sita barbuk dari Kejaksaan Negeri Nunukan.

Kegiatan pemusnahan berjalan aman dan terkendali, sabu yang dimusnahkan dilarutkan ke dalam closed (Toilet) agar tidak digunakan lagi, pungkas Kapolres Nunukan.

 

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *