14 Indikator Keberhasilan atas Kepemimpinan Walikota dan Walikota Metro

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Walikota Metro Wahdi dan Wakil Walkota Metro melaporkan, tentang keberhasilan dalam kepimpinannya dan yang telah dicapai selama tahun 2021. Hal ini disampaikannya melalui Hybrid Meeting di Guest House Rumdis Walikota Metro, Jumat (31/12 ).

Ada 14 indikator yang tertuang dalam dokumen RPJMD untuk mengukur keberhasilan dalam memimpin pembangunan di Kota Metro. Sebanyak 11 (sebelas) indikator sudah dapat dihitung dan 3 (tiga) indikator masih menunggu perhitungan dari BPS dan pemerintah pusat.

“Dalam indikator yang belum tercapai menjadi pekerjaan rumah kita semua di tahun depan. Kondisi pandemic COVID-19 diharapkan tidak lagi menjadi alasan untuk tidak tercapainya target kinerja yang telah kita sepakati,” ujarnya.

Wahdi juga menyampaikan, bahwa beberapa penghargaan tentunya menjadi tolak ukur keberhasilan yang patut kita hargai dan kita jadikan pemacu untuk kedepannya lebih baik lagi.

“Dari sisi perencanaan, di Tahun 2021 Pemerintah Kota Metro mendapatkan penghargaan Terbaik Kategori Kota se-Provinsi Lampung. Kemudian dari sisi pengelolaan keuangan, kita juga mendapatkan predikat WTP untuk ke-11 kalinya. Dari Universitas Lampung kita juga mendapatkan Government Award yang mengindikasikan keberhasilan pelaksanaan pembangunan di Kota Metro. Dari sisi pengawasan, Pemerintah Kota Metro mendapatkan predikat Terbaik ke-2 se-Provinsi Lampung, Terbaik ke-2 kategori Kota se-Sumatera, peringkat ke-14 se-Indonesia berdasarkan Survey Penilaian Integritas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI,” jelas Wahdi.

Lebih lanjut, berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan RB terhadap pelaksanaan SPBE pada Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2021, Indeks Kota Metro menjadi yang tertinggi Kabupaten atau Kota se-Provinsi Lampung dengan angka sebesar 2,14.

Pada urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Urusan Keluarga Berencana, banyak prestasi yang diraih pada Tahun 2021 ini baik di tingkat nasional maupun provinsi, diantaranya, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Madya dan Penghargaan Kota Layak Anak Pratama oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Juara I Kompetisi Video Edukasi untuk Puspaga Keluarga Harapan Utama Tingkat Nasional, Predikat Nindya Untuk Ruang Bermain Ramah Anak Mulyojati dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Juara II Tingkat Nasional Lomba Jingle “Berencana Itu Keren”, Terbaik 1 PIK R Unggulan Tingkat Provinsi Lampung, Terbaik 1 BKR Unggulan Tingkat Provinsi Lampung, dan Juara 3 Duta GenRe Putri Tingkat Provinsi Lampung.

Selanjutnya, pada bidang kesehatan, Kota Metro masuk dalam 5 (lima) besar Kabupaten atau Kota se-Indonesia untuk Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan dan Kabupaten atau Kota Terbaik Katagori Supply Creation, Penghargaan Tenaga Kesehatan dan SDM Penunjang Tingkat Nasional Tahun 2021 sebagai garda terdepan serta memiliki dedikasi tinggi dalam penanganan pandemic Covid-19 di masyarakat dan untuk penanganan COVID-19.

Pemerintah Kota Metro mendapatkan Penghargaan PPKM Mikro Terbaik Zona Sumatera dari Kepolisian Republik Indonesia. Adapun RSUD A.Yani mendapatkan Terbaik I Katagori Rumah Sakit Umum Kelas B dalam rangka Penilaian Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi Tingkat Provinsi Lampung.

Pada sektor pelayanan publik, khususnya bidang kependudukan dan pencatatan sipil, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro mendapatkan penghargaan WBK (Wilayah Bebas Dari Korupsi) dari Kemenpan RB dan Penilaian Kinerja Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mendapat Predikat Sangat Baik dan menduduki 5 besar Tingkat Nasional.

“Dari dunia Pendidikan, prestasi-prestasi lainnya juga hadir dari anak-anak kita, yaitu Kompetisi Sains Nasional mendapatkan Medali Emas dan Perunggu Bidang IPS dan Juara Harapan Bidang Matematika, Lomba Gala Siswa Tingkat Nasional dengan predikat Juara I, II dan III, Kompetisi Sains Bidang IPA, IPS dan Matematika dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Tingkat Provinsi. Dari tenaga Didik, di Tahun 2021 menyumbangkan prestasi Medali Perunggu Tingkat Nasional dalam Ajang Olimpiade Guru yang diadakan oleh PB PGRI,” terang Wahdi.

Lanjutnya, Bidang kepemudaan dan olahraga, Paskibraka dan para atlet mampu meraih penghargaan Tingkat Provinsi dan Nasional melalui event Kejurnas Riau Open, Pra POP Nas, Suratin Cup, Liga 3 Persikomet dan PON XX di Papua beberapa waktu lalu. Sedangkan pada Bidang Pariwisata, putra putri terbaik Kota metro meraih penghargaan Juara 2 Mekhanai Tingkat Provinsi Lampung, Jura Mekhanai Intelegensia Tingkat Provinsi Lampung, Juara 2 Duta Pariwisata Nasional dan Putri Batik Cilik Tingkat Nasional.

Adapun dari sektor pertanian, beberapa prestasi juga dapat diraih diantaranya Juara 1 Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Provinsi Lampung, Penghargaan Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi Madya Tingkat Nasional dari Kementerian Pertanian, dan Juara Favorit 1 (Pertama) lomba Puskeswan tingkat Nasional dari Kementerian Pertanian RI.

Untuk Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Kelurahan Rejomulyo meraih Juara 1 Tingkat Provinsi dalam Lomba Kelurahan, dan terakhir adalah Penghargaan yang diterima oleh Dekranasda Kota Metro sebagai Stan Terbaik 3 Kategori Kabupaten atau Kota Lampung Craft 2021 dan Produk IKM Terbaik se-Provinsi Lampung oleh IKM Han Ayu Collection.

“Dari keberhasilan yang kita raih, ada peran masyarakat Kota Metro yang begitu besar. Para Ibu-ibu, khususnya di PKK, Dharma Wanita, GOW, IKAD dan organisasi wanita lainnya yang ikut menyukseskan pelaksanaan pembangunan. Saat ini kita sudah memiliki program Wakuncar (waktu cari informasi dan data) dan Arseti (arisan sedot tinja) hasil kerjasama PKK dengan OPD terkait. Kemudian pencanangan Kota Literasi yang digerakkan oleh seluruh stakeholder, Bunda Literasi dan komunitas. Pengembangan Sentra Kreatif Metro oleh Dekranasda dan Program Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan IBU (JAMA-PAI) yang merupakan sebuah inovasi untuk menggerakan peran serta dan kepedulian masyarakat terhadap Kesehatan ibu dan anak yang berkualitas”, jelasnya.

Selanjutnya, peran Komunitas yang sangat besar mampu menghidupkan sektor pembangunan lainnya, seperti bidang kebudayaan. Saat ini komunitas telah mengembangkan Rumah Informasi Sejarah (RIS) dan kami sebagai Pemerintah mendukung proses pengembangan tersebut untuk dioptimalkan pemanfaatannya baik untuk kegiatan masyarakat maupun pemerintah. Lebih lanjut ada komunitas Payungi yang berkontribusi besar bagi perekonomian lokal dan literasi masyarakat. Gerakan pasar kreatif ini akhirnya diikuti oleh komunitas masyarakat lainnya dengan karakter masing-masing wilayah.

Peran serta masyarakat juga dilakukan oleh Bapak Marijo yang telah menghibahkan tanah seluas 110m2 untuk pembangunan Posyandu di Kelurahan Karangrejo. “Saya mewakili Pemerintah Kota Metro mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk seluruh masyarakat, personal, komunitas, maupun yang tergabung dalam organisasi atas sumbangsih kerja, ide, saran maupun berupa barang untuk mendukung pembangunan di Kota Metro”, ucap Walikota Metro.

Masih lanjut Wahdi, “Dari seluruh capaian yang telah kita raih, tentunya ada kendala dan hambatan yang kita hadapi. Ada juga kegagalan yang menjadi keberhasilan yang tertunda. Untuk itu, marilah kita menyatukan langkah, mengintegrasikan ide, dan menyempurnakan kekurangan untuk Metro lebih baik lagi kedepannya”, ucap Wahdi.

Walikota Wahdi juga mengucapkan, terima kasih atas terlaksananya kerja pembangunan dengan baik dan optimal.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Metro, Forkopimda, Anggota DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat, insan pers dan tidak lupa teman-teman aparatur di Lingkungan Pemerintah Kota Metro yang telah melaksanakan kerja pembangunan dengan baik dan optimal. Seluruh penghargaan yang kita raih dan kegagalan yang kita dapatkan kita jadikan bahan evaluasi untuk kedepannya,” tutup Wahdi.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *