Jalankan Permenkumham No 43 Tahun 2021, Enam Orang WBP Lapas Klas IIB Brebes mendapatkan hak asimilasi dirumah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes – Menindak lanjuti Permenkumham No 43 Tahun 2021 yang merupakan salah satu Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, Lapas Klas IIB Brebes memberikan Hak Asimilasi di Rumah kepada enam orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah memenuhi syarat, Selasa (04/01/2022).

Sebelumnya Lapas Kelas IIB Brebes melakukan penyerahan WBP secara daring dengan Balai Pemasyarakatan yang menandakan secara sahnya Warga Binaan yang mendapatkan Asimilasi Dirumah. Kemudian Petugas Lapas Brebes memberikan pengarahan kepada keenam WBP nanti setelah dirumah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan tidak melakukan tindak pidana lagi.

Keenam orang warga binaan yang akan mendapatkan Hak Asimilasi di rumah selanjutnya akan menjadi tanggung jawab Balai Pemasyarakatan (BAPAS) terkait pengawasan dan pelaporan didalam pelaksanaan program nantinya.

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes melalui Kepala Seksi Binadik dan Giatja Agung Priandogo saat memberi SK Asimilasi Rumah berpesan kepada WBP bahwa program Asimilasi rumah ini bukanlah bebas sepenuhnya, ada syarat dan ketentuan yang wajib diketahui. bahwa kalian yang mengikuti program asimilasi rumah saat ini adalah menjalani sisa masa hukumannya dirumah. Ada pihak Bapas, Kepolisian dan masyarakat sekitar.

“Hal yang tidak kalah penting adalah jangan berbuat tindakan yang melanggar hukum dan meresahkan ditengah tengah masyarakat dimasa pandemi pada saat ini,” pungkasnya.

Program asimilasi rumah adalah sebuah solusi yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kemenkumham dalam mengatasi penyebaran covid 19 di dalam lapas dan rutan serta mengatasi over kapasitas hunian di dalam lapas dan rutan.

 

Pewarta : Maeel/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.