Tingkatkan kapasitas Kader Posyandu, Pemerintah Desa Datarcae, Kecamatan Cirinten adakan pelatihan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja pelayanan kader Posyandu, Pemerintah Desa Datarcae, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak melakukan Pelatihan peningkatan kapasitas bagu Kader Posyandu Desa Datarcae. Rabu (05/01/ 2022).

Adapun narasumber yang mengisi pelatihan tersebut adalah dari Puskesmas Kecamatan Cirinten dan dari Pemerintah Desa Datarcae, Kecamatan Cirinten.

Adapun materi yang diberikan pada pelatihan peningkatan kapasitas tersebut adalah tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) kader Posyandu, administrasi kegiatan posyandu, tentang gizi seimbang, perilaku hidup bersih (PHBS) dan terkait pelaksanaan posyandu lansia. Disampaikan juga apa itu stunting dan bagaimana cara pencegahannya.

Dalam kegiatan tersebut juga diselipkan simulasi bagaimana cara menggunakan peralatan yang sudah di siapkan oleh Pemerintah Desa Datarcae, Kecamatan Cirinten dalam kegiatan pelayanan posyandu Desa seperti, cara menggunakan dan membaca alat timbang dan alat ukur tinggi badan yang baik dan benar sesuai standar kesehatan serta cara menggunakan dan membaca alat pengukur tensi yang baik dan benar,sehingga kader Posyandu bisa memahami dan mengerti bagaimana cara menggunakan peralatan yang sudah disediakan dalam kegiatan Posyandu.

Dengan pelatihan peningkatan kapasitas tersebut besar harapan pelaksanaan posyandu balita dan lansia di Desa Datarcae, Kecamatan Cirinten akan berjalan dan terlaksana dengan baik sesuai standar kesehatan meskipun di era pandemi seperti sekarang ini dan posyandu akan semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang baik dan benar kepada warga Desa Datarcae, Kecamatan Cirinten.

Ketika ada warga yang belum bisa mendapatkan pelayanan dari posyandu maka kader Posyandu bisa mengarahkan ke PosKesDes (Posko Kesehatan Desa) Datarcae Kecamatan Cirinten,karena Posyandu Desa akan bersinergi dengan PosKesDes Desa Datarcae, Kecamatan Cirinten dalam pelayanan kesehatan dasar.

 

 

Pewarta : Empu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *