Tokoh Pemuda Belitung Dukung Program Rehabilitasi Penanaman Mangrove

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Beltim – Dukungan Penuh diberikan Tokoh Pemuda Kabupaten Belitung, Toni Irawan untuk program padat karya percepatan rehabilitasi mangrove di sejumlah kawasan pesisir Kabupaten Belitung yang dilakukan oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Indonesia (BRGM)

“Saya mendukung penuh program pemerintah berupa rehabilitasi mangrove di sejumlah titik yang ada baik di Kabupaten Belitung maupun Belitung Timur karena manfaatnya sangat besar bagi lingkungan pesisir,” tegasnya kepada awak media, di Tanjung Pandan, Rabu (05/01/2022).

Menurut Toni Irawan, selain bertujuan untuk memulihkan ekosistem mangrove di pesisir  dari ancaman abrasi dan intrusi air laut, program tersebut sebagai upaya yang ditempuh oleh pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi COVID-19.

Ditegaskan nya bahwa kegiatan rehabilitasi mangrove merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

“Sehingga selain bertujuan untuk merehabilitasi lahan mangrove yang sudah kritis program ini juga sebagai upaya Pemerintah Pusat dalam membantu pemulihan ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi,” tandasnya.

Selain itu, program padat karya rehabilitasi mangrove dapat memberikan stimulus bagi ekonomi masyarakat terutama yang berada di lingkungan sekitar ekosistem mangrove.

“Karena dalam program ini masyarakat terlibat langsung melalui kelompok sehingga membuka lapangan pekerjaan dan menambah pemasukan atau pendapatan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk itu, diharapkan agar masyarakat pulau belitung dapat mendukung program ini sehingga kedepannya dapat berlanjut dengan kegiatan dan program lain yang tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setelah pandemi COVID-19.

“Sudah seharusnya kita mendukung program semacam ini karena manfaatnya besar terutama untuk masyarakat dan nama daerah kita dimata pemerintah pusat,” ujarnya.

Kemudian, Syamsurizal yang juga menjabat sebagai Ketua DPW LIDIK Bangka Belitung menyambut baik adanya program rehabilitasi mangrove tersebut.

“Kalau bisa program ini dapat terus berlanjut dan kami sebagai LSM harus ikut mengawal dan mengawasi agar program ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan edukasi kepada kelompok masyarakat yang ikut dalam program tersebut,” katanya.

Samsurizal juga menyebutkan, apabila ada hal yang kurang paham hendaknya kelompok masyarakat bersinergi kepada pihak yang punya wewenang dalam program ini agar tidak menyurutkan dukungan dari pemerintah pusat pada daerah, yang bisa menjadi penghambat pembangunan karna kebodohan dalam memahami persoalan.

“Sehingga tidak terjadi kesalahan dan polemik yang kemudian meluas karena sebenarnya sudah sangat jelas program ini memberikan dampak yang baik untuk masyarakat terutama saat menghadapi kesulitan ekonomi yang berdampak dari pandemi Covid19 selama hampir dua tahun ini,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Teblyandi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.