Bupati Demak: Geguyup Rukun Bersih Bersih Kali Tuntang

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Demak Jateng – Kondisi taman kali tuntang tampak tidak terawat dengan banyaknya tumbuhan liar serta sampah bekas makanan dan minuman pengunjung menumpuk. Kondisi demikian sangat mengganggu keindahan taman yang merupakan ruang publik.

Kondisi tersebut diperparah dengan hilangnya tempat sampah yang telah di sediakan oleh Pemkab. Hal ini akibat dari tangan-tangan jail yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu Pemkab Demak mengerahkan aparaturnya untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti melalui gerakan Jum’at bersih. Jumat (07/01/22).

Taman yang berada di sepanjang kali tuntang ini sering di kunjungi masyarakat untuk bersantai dan menjadi pilihan wisata gratis. Sebagai ruang publik sudah semestinya memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan keindahan.

Karimun warga sekitar taman kalituntang mengatakan, taman terlihat kurang terurus terutama di masa pandemi ini, dan juga akibat kurangnya rasa peduli pengunjung taman yang masih membuang sampah sembarangan.

“Banyak tanaman liar yang sudah tumbuh menutupi keindahan taman, ditambah banyak pengunjung yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan, mereka membuang sampah sembarangan bahkan meninggalkan bekas bungkus makanan sehingga menambah kekumuhan di sepanjang taman” Kata Karimun.

Sedangkan Adi Ragil salah satu staff OPD yang turut kerja bakti menyampaikan, sampah terlihat menumpuk akibat terkena air hujan sehingga sulit untuk di bersihkan. Dirinya juga menambahkan, kondisi ini diperparah karena tempat sampah yang telah di sediakan telah hilang akibat orang yang tidak bertanggung jawab.

“Banyak juga fasilitas yang rusak seperti tempat duduk yang terlihat patah, lampu penerang hilang, dan kabel saluran listrik pun banyak yang putus bahkan hilang. Hal ini juga diakibatkan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.” Terangnya.

Seusai pelaksanaan kerja bakti keindahan taman kali tuntang terlihat kembali, tampak bersih dan rapi. Bagi masyarakat yang mengunjungi taman kali tuntang hendaknya turut menjaga kebersihan dan keindahan taman. Bila hal ini dilakukan akan memberikan kenyamanan seluruh pengunjung di ruang publik tersebut. Apalagi keberadaan taman kali tuntang tepat berada di depan Kantor Bupati Demak.

 

Pewarta : Safik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.