Walikota Metro Buka Evaluasi KLA Th 2021 dan Persiapan Penilaian Mandiri KLA Th 2022

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Walikota Metro Wahdi membuka Evaluasi Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dan Persiapan Penilaian Mandiri KLA Tahun 2022, berlangsung di Aula Pemerintah Kota Metro, Kamis (6/1/2022).
.
Walikota Metro Wahdi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta menyambut baik terhadap pelaksanaan evaluasi KLA. “Atas nama Pemerintah Kota Metro saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas dilaksanakan kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat membantu kita dalam mewujudkan Kota Metro sebagai Kota Layak Anak,” jelas Wahdi.
.
Lanjutnya, konvensi hak anak dan telah disahkan melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention On The Rights Of The Child. Hak tersebut meliputi hak sipil kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta hak perlindungan khusus.
.
Dalam hal tersebut Wahdi juga berharap indikator KLA menjadi acuan dalam pemenuhan hak layak anak. “Saya harap indikator KLA dapat menjadi acuan dalam pemenuhan hak anak melalui pengembangan terintegrasi dan berkelanjutan,” terangnya.

Tak hanya itu Walikota Metro Wahdi menyampaikan dalam melaksanakan pengembangan KLA diperlukan komitmen dari berbagai pihak antara lain Walikota sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, DPRD sebagai fungsi legislatif, penegak hukum sebagai fungsi yudikatif. Lembaga masyarakat dunia usaha dan media dalam rangka memenuhi indikator KLA yang akan menjadi acuan bagi pemerintah dalam perencanaan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kebijakan program dan kegiatan pemenuhan hak anak.

Perencanaan Kota Metro dalam wujud deklarasi Metro menuju Kota Layak Anak serta pembentukan tim gugus Kota Layak Anak telah dilakukan pada tahun 2017 yang lalu. Berbagai kebijakan di Kota Metro telah dilakukan seperti tersedianya forum anak tingkat kota, Puskesmas Ramah Anak, Sekolah Ramah Anak dan penyediaan fasilitas anak, serta kebijakan dalam rangka pemenuhan hak-hak anak. Saat ini Kota Metro terus mengupayakan peningkatan secara maksimal program-program yang mendukung terwujudnya Kota Metro sebagai Kota Layak Anak.

“Kami berharap melalui pertemuan hari ini semua pihak yang ada dalam gugus tugas KLA dapat ikut serta secara aktif dengan melengkapi data dukung yang menjadi persyaratan dalam penilaian mandiri Kota Layak Anak, sehingga 24 indikator dapat terpenuhi secara maksimal dan dapat mewujudkan Kota Metro sebagai Kota Layak Anak”, kata Walikota Wahdi.

Dalam mengakhiri sambutannya, Walikota Metro Wahdi juga mengingatkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya yang harus dilakukan oleh semua pihak untuk mengintegrasikan program dan kegiatan yang responsif anak, baik dalam pemenuhan hak anak maupun perlindungan anak.

“Mari kita berkomitmen sehingga kita bisa mempersiapkan generasi penerus yang handal dan calon pemimpin yang berkualitas demi masa depan bangsa Indonesia untuk menuju generasi emas cemerlang,” tutup Walikota Wahdi.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.