Implementasi Tiga Kunci Pemasyarakatan maju

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes – Guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban serta mencegah masuknya Barang barang terlarang juga untuk memutus penyelundupan dan peredaran Narkoba. Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Brebes kembali menggelar Penggeledahan Insidental Kamar Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada malam hari, Rabu (12/01/2022).

Kegiatan Penggeledahan tersebut dilaksanakan atas arahan dan perintah dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu lakukan deteksi dini gangguan kamtib, berantas narkoba, hingga melakukan sinergi dengan aparat penegak hukum.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Brebes Isnawan. A.Md. IP. SH. MH memerintahkan kepada Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP) Syaeful Anwar untuk melaksanakan dan memimpin jalannya penggeledahan.

Kalapas Brebes melalui Ka.KPLP menjelaskan kegiatan penggeledahan rutin dilaksanakan untuk menjaga kondusifitas dan deteksi dini gangguan Kamtib di Lapas Brebes.

Sebelum kegiatan dilaksanakan Syaeful memberikan arahan serta teknis dalam melaksanakan penggeledahan.

“Malam hari ini saya kumpulkan petugas seluruhnya untuk melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di kamar-kamar hunian. Disamping itu kegiatan ini untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas Brebes. Kegiatan penggeledahan malam seperti ini perlu dilakukan secara rutin agar selalu tercipta suasana yang aman terkendali di dalam lapas,” ujar Syaiful.

Lebih lanjut, Syaiful Anwar minta kepada semua petugas untuk melaksanakan tugas malam ini dengan penuh tanggung jawab dan tetap sopan dan Humanis dalam melaksanakan penggeledahan kepada Warga Binaan.

Petugas menyisir Kamar Blok Hunian dan memerikasa satu persatu Warga Binaan, juga Tempat tempat seperti kamar mandi, ventilasi, rak baju dan kolong kamar tidak luput dari penggeledahan petugas.

Dalam kegiatan penggeledahan tersebut petugas mendapatkan dan mengamankan beberapa handphone, gulungan kabel, beserta barang logam lainnya ,dan tidak ditemukan barang haram narkoba.

“Meski tidak menemukan obat-obat terlarang namun, kami berhasil mengamankan sejumlah barang terlarang seperti handphone, charger, gulungan kabel, kartu remi, alat tato, serta logam-logam,” ungkap syaeful

“Semua barang temuan hasil razia tersebut selanjutnya akan didata dan akan segera dimusnahkan,” tegasNya

Selanjutnya, hasil penggeledahan tersebut dituangkan dalam berita acara hasil penggeledahan dan dilaporkan sebagai Atensi Pimpinan. Kegiatan penggeledahan ini berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

 

Pewarta : Imael / Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.