Kadis Kesehatan Tulang Bawang hadiri pertemuan publikasi hasil pengukuran pertumbuhan dan perkembangan Balita

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tulang Bawang Lampung – Pada 2021 berdasarkan sumber data dari EPPGBM (Elekronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat), dengan capaian angka rata-rata Stunting Nasional sebesar 24,4 %, dan angka rata-rata stunting di provinsi Lampung sebesar 18,5 %, sedangkan untuk kabupaten Tulang Bawang menjadi kabupaten dengan angka kejadian stunting terendah  8,58% di Provinsi Lampung, dan termasuk dalam 5 besar Nasional terbaik dalam penurunan kejadian stunting yang signifikan

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Kadis Kesehatan Tulang Bawang Fatoni, pada pertemuan publikasi hasil pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita berbasis EPPGBM 2021 di Aula dinas kesehatan tulang bawang, Kamis (13/1/22).

‘’Jadi berdasarkan data dari Riskesdas 2018, angka stunting di Kabupaten Tulang bawang  persen   32,49%,  Berdasarkan data dari SGGBI (Studi Status Gizi Balita Indonesia) pada 2019 angka stunting di Kabupaten tualng bawang  15,39%,  ujar fatoni.

Pada 2020 lanjut fatoni, kembali terjadi penurunan 11,17%, Penurunan ini tejadi setelah Kabupaten tulang bawang mengoptimalkan efektivitas pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara terintegrasi.

Diakui fatoni, upaya penurunan stunting bukan menjadi tugas dan tanggungjawab Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis rumpun bidang kesehatan saja, tetapi juga merupakan tugas dari berbagai pemangku kepentingan.

Pemangku kepentingan itu tegas kadis kesehatan , baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Lintas OPD dalam Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa, pihak swasta, bahkan masyarakat.

‘’Pengorganisasian merupakan unsur manajemen yang penting untuk memberikan arah, sehingga intervensi penurunan stunting terintegrasi bisa berjalan dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan serta evaluasi berikut reviu kinerja,’’ jelas fatoni.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis PMK (Drs. Yen Dahren, M.A.P), Kadis Pendidikan (Ristu Irham, Spd.MM), Bappeda Litbang Kab.Tuba (Dicky Soerahman, SE), Kadis PPPA (Dra.Desia Kesumayuda, M.Si), Camat Menggala (Anis Andriyanto, SE., MM), OPD team konvergensi penurunan stunting, Camat se-Kabupaten Tuba, Kepala Puskesmas, serta tenaga pengelola gizi kabupaten Tuba.

 

Pewarta : Deni S.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *