Akibat Keracunan Makanan Puluhan Warga Di Larikan Ke Puskesmas Cijaku

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Puluhan warga satu Desa di Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak Banten, dilarikan ke Puskesmas pada, Jumat (21/01/2022). Mereka diduga keracunan usai menyantap nasi catring diacara syukuran toko pada sore satu hari sebelumnya.

Mayoritas dari mereka mengeluhkan muntah, sakit perut, diare, pusing serta Demam.

Ade salahsatu warga Kecamatan Cijaku saat di konfirmasi oleh Tim Mitrapol, mengatakan, istrinya juga mengeluhkan hal serupa pada Jum’at pagi. Kemudian mengkonsumsi obat warung biasa dan beristirahat di rumah.

“Namun kondisi badannya semakin lemah hingga menjelang sore lalu di putuskan untuk di bawa ke Puskesmas Cijaku,” ucap Ade

Setelah sampe di Puskesmas Cijaku Ade kaget, ternyata sudah banyak warga lain juga yang berdatangan ke PUSKESMAS CIJAKU, sebagian besar adalah warga Kampung Suka Maju, Desa Cijaku, Kecamatan Cijaku.

“Lho kok keluhannya sama seperti istri saya, Pas ngobrol-ngobrol, mereka yang mengalami sakit ini habis makan nasi berekat hasil dari acara syukuran kemarin,” ujar ade saat di temui Tim Mitrapol di Puskesmas Cijaku.

Ade bercerita pada, Kamis (20/01/2022) sebelumnya sempat datang ke acara syukuran sebuah Toko didekat rumahnya. Dari sana di bekali berekat berisi nasi, daging, telur, ikan, mie dan tempe.

Sementara Kepala Puskesmas Cijaku, Susilo Supriyanto mengatakan, total pasien yang di tangani oleh puskesmas Cijaku sebanyak 96 orang. Mereka mengeluhkan gejala yang sama seperti muntah, diare, pusing dan sakit perut.

“Hingga pukul 20:30 Wib, yang masih di rawat ada 55 Orang, Sisanya sudah pulang serta rawat jalan, total ada 96 orang, 4 di antaranya balita,” Kata Susilo.

Susilo juga mengatakan, pasien mulai berdatangan ke UGD Puskesmas Cijaku pada pukul 10:30 Wib dan terus bertambah hingga sore hari.

Mereka kemudian di tangani oleh petugas dari puskesmas berdasarkan gejala yang di keluhkan. Tindakan yang di berikan mulai dari pemberian obat hingga infus.

“Untuk Tim dari Dinkes Lebak, Polsek, Koramil, dan Muspika Kecamatan juga berada di Puskesmas Cijaku,” Kata Susilo.

Dinkes Lebak, Kata Susilo juga sudah mengambil sampel makanan yang di konsumsi oleh para pasien. Sampel makanan tersebut di bawa ke Labkesda untuk di Uji dan dari Polres Lebak juga sudah mengambil sampel makanan serupa.

 

Pewrta : Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.