Quad Core vs Octa Core dalam Processor HP, Bagus Mana?

https://pixabay.com/id/photos/telepon-genggam-telepon-selular-4646854/

MITRAPOL.com, Jakarta – Tahukah Anda perbedaan quad core vs octa core? Spesifikasi yang ada pada perangkat Hp saat ini memiliki banyak keunggulan yang beragam. Setiap brand Hp dan smartphone menonjolkan berbagai perangkat yang membuat pengguna tertarik. Salah satunya yaitu masalah processor.

Processor pada Hp saat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan laptop atau PC. Processor pada Hp menjadi salah satu pusat kerja Hp saat perangkat beroperasi. processor pada Hp memiliki chipset atau disebut juga dengan SoC (System on a Chip). Perangkat ini berfungsi sebagai alat pengolah data yang diterima Hp.

Perbandingan Processor Quad Core dan Octa Core

Perbedaan processor pada Hp bisa Anda jadikan perbandingan sebelum membeli Hp. Memilih jenis processor yang terbaik dan terbagus menjadi salah satu penentu Hp bisa bertahan dan awet saat digunakan. Berikut ini perbandingan processor pada Hp yang harus Anda ketahui:

1. Apa itu Quad Core pada Hp

Quad core pada processor hp memiliki 4-core. Core pada Hp ini digunakan untuk memproses data supaya Hp lebih ringan dan sistem berjalan dengan cepat. Processor jenis Quad Core ini dirancang untuk perangkat Hp dengan aktivitas lebih rendah. Seperti smartphone saat ini.

2. Kelebihan dan Kekurangan Quad Core pada Hp

Berikut ini kelebihan yang ada pada Quad Core dalam Hp yaitu:
● Quad Core pada Hp bisa digunakan untuk rendering yang baik. Meski tidak lebih baik dari Octa Core.
● Multitasking menjadi salah satu keunggulan pada Hp yang menggunakan Quad Core. Anda bisa menampilkan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu.
● Penampilan thumbnail dan image pada Hp lebih baik dan kualitasnya bagus.
● Hp dengan Quad Core juga memberikan dukungan yang cukup untuk multithread.

Sedangkan untuk kekurangan Quad Core pada Hp yaitu sebagai berikut:
● Terjadi system yang berjalan pada Hp kadang lambat.
● Prosesor Hp dengan Quad Core lebih cepat panas, terutama pada saat memproses data atau membuka aplikasi yang cukup berat.
● Hp yang menggunakan Quad Core menjadi lebih boros daya atau menghabiskan energi yang cukup banyak saat beroperasi.
● Tidak semua software bisa berjalan dengan optimal pada Hp dengan prosesor Quad core.

3. Apa Itu Octa Core pada Hp

Octa Core atau prosesor 8-core pada Hp umumnya dipilih karena memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan processor Quad Core. Octa Core bisa menjalankan perangkat pada Hp dengan mudah dan cepat tanpa lelet. Core atau inti tersebut bisa dibagi ke beberapa perangkat sehingga memudahkan Hp untuk menjalankan tugas.

4. Kelebihan dan Kekurangan Octa Core pada Hp

Kelebihan Octa Core pada Hp sebagai berikut:
● Hp yang menggunakan Octa Core melakukan proses pemuatan data dengan cepat.
● Octa Core sangat baik untuk digunakan multitasking tanpa lelet dan membuat Hp hang.
● Hp dengan Octa Core memiliki keunggulan yang baik saat digunakan untuk editing.
● Sangat cocok untuk Anda pecinta game, tanpa takut Hp berat atau lemot.
● Kinerja Hp bisa menjadi lebih cepat dari pada Quad Core.

Kekurangan Octa Core pada Hp sebagai berikut:
● Hp dengan Octa Core lebih boros daya dan penggunaan energi.
● Lebih cepat panas.

5. Quad Core vs Octa Core Lebih Baik Mana?

Penggunaan processor Quad Core dan Octa Core tentu berbeda dalam Hp. Sehingga membandingkan dan memilih processor yang lebih baik antara quad core vs octa core yang memiliki kinerja terbaik menjadi salah satu alasan saat memilih Hp. Penjelasan untuk kinerja Hp yang menggunakan processor Quad Core dan Octa Core belum tentu Octa Core memiliki keunggulan yang lebih baik dari Quad Core.

Adanya processor yang menggunakan Quad Core pada Hp bisa jadi lebih baik jika menjadi Hp yang rilis dalam versi terbaru. Hal ini dikarenakan bisa jadi meski Quad Core sudah di update dan memiliki kecepatan kerja yang lebih baik 40% dibandingkan Octa Core.

Dalam hal perbedaan teknologi, Octa Core memiliki perkembangan yang cukup baru dibandingkan Quad Core. Seperti halnya dengan ARM, dimana teknologi ini berfungsi untuk membagi inti core pada Hp menjadi beberapa tugas sehingga Hp tidak terlalu berat.

Sementara itu, pada Quad Core karena memiliki inti atau core hanya 4, jadi pembagian tugas saat Hp bekerja sedikit, sehingga pembagiannya pun terbatas dan membuat Hp menjadi berat. Misalkan pada saat Hp membuka aplikasi yang cukup berat seperti game, video dengan kualitas yang tinggi, video atau foto editing dan aplikasi berat lainnya.

Namun pada Hp yang menggunakan processor jenis Octa Core umumnya menghabiskan daya atau energi bateri yang cepat atau boros meski melakukan kegiatan ringan dibandingkan dengan hp pada processor Quad Core.

Meskipun demikian, Hp dengan processor Octa Core lebih baik dan memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan Quad Core. Sehingga quad core vs octa core maka pilihannya adalah Octa Core. Bagi Anda pecinta game, dan memiliki hobi melakukan edit-mengedit di Hp dengan processor Octa core menjadi rekomendasi untuk Anda.

Contoh smartphone yang menggunakan processor jenis Octa Core adalah hp Mi 11T, Hp dengan kinerja processor yang lebih cepat, pengoperasian data sangat lancar. Selain itu Hp terbaru ini juga memiliki konsumsi daya yang sangat efisien dibanding smartphone sebelumnya.

Hp mi 11t bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harga yang terjangkau hanya di Blibli. Blibli merupakan salah satu marketplace yang menyediakan produk terbaik dan original. Membeli Hp atau barang apa saja di Blibli bisa memberikan keuntungan berlipat-lipat. Sebelum membeli barang, Anda akan diberikan penjelasan dan informasi tentang produk dengan jelas. Selain itu Anda juga akan diberikan garansi resmi dari Blibli saat berbelanja.

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.