Kodim 0716/Demak Gelar Pelatihan Online Statergi Pemasaran Produk UMKM Dan Ekonomi Kreatif

MITRAPOL.com, Demak Jateng- Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) memegang peranan penting dan strategis dalam membangun perekonomian Nasional. Selain membantu pertumbuhan ekonomi keberadaan UKM juga menbantu dalam menyerap tenaga kerja.

Saat ini populasi penduduk dengan usia produktif lebih banyak daripada jumlah lapangan kerja yang tersedia. Hal ini memicu khususnya para pemuda untuk menciptakan peluangnya sendiri dengan membuka bisnis dan sebagian besar tergolong sebagai pelaku usaha sektor industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Perkembangan UKM di Demak tumbuh pesat, hal ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah dan perbankan. Selain itu BUMN, BUMD, swasta, dan komunitas juga turut membantu untuk peningkatan skill dan kualitas sumber daya manusia.

Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan mengenalkan ekonomi kreatif, merupakan program pemerintah di masa pandemi Covid 19, dengan menggerakkan perekonomian masyarakat.

Implementasi PEN dijalankan juga oleh Kodim 0716/Demak dengan menyelenggarakan pelatihan strategi pemasaran produk ekonomi kreatif berbasis digital dan pelatihan fotografi produk bekerjasama dengan Instacare, salah satu lembaga penyedia aplikasi pemasaran digital.

Sedang tujuan diadakan pelatihan tersebut, menurut Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, Dandim 0716/Demak, Kegiatan yang dilaksanakan dengan tema Inspirasi dan Kreatif Membangun Negeri tersebut, juga bertujuan untuk memberikan ruang pengetahuan, dan wawasan dan adoptasi dengan era digitalisasi.

“Selain itu, kegiatan ini untuk menggugah dan mengajak segenap komponen masyarakat bersama-sama melestarikan ekonomi kreatif,” jelasnya dalam sambutan pembukaan pelatihan online statergi pemasaran produk UMKM dan ekonomi Kreatif, yang disampaikan di Aula Makodim 0716/Demak Jln.Kyai Singkil No.01 Bintoro Demak, Selasa (25/1/2022).

Selaku penanggung jawab kegiatan, Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo juga menyampaikan, bahwa pelatihan semacam ini sangat penting untuk menunjang marketing para pelaku ekonomi kreatif karena kesan pertama terhadap suatu produk sangat berpengaruh bagi konsumen.

“Targetnya para peserta bisa membuat video iklan produk sehingga bisa menambah tingkat penjualan produk. Bersinergi dengan DINDAGKOP UKM Kabupaten Demak,” ungkap Dandim 0716/demak.

Pengembangan kompetensi informasi digital wajib dilakukan bagi para pelaku UMKM/IKM di Demak. Terutama saat marketing secara langsung tidak bisa dilakukan di tengah Pandemi Covid-19. “Sebab pelaku industri kreatif harus naik kelas agar promo produknya tidak sekadar menggunakan foto produk,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Dindagkop UKM Kabupaten Demak Drs.Iskandar ZulkarnainMM, Menurutnya optimisme teman-teman pelaku ekonomi kreatif sangat kita butuhkan agar kita bisa segera bangkit, dan ini perlu kesadaran menjalankan protokol kesehatan. Semakin cepat kita mengendalikan pandemi Covid-19, semakin cepat kita memulihkan kondisi ini, baik sektor UMKM maupun ekonomi kreatif,” terangnya.

“Dengan harapan mampu menunjang kompetensi para pelaku ekonomi kreatif. Sebab ekonomi kreatif ini berkaitan dengan konsep era ekonomi baru yang mengutamakan informasi dengan mengandalkan dari SDM,” pungkasnya.

Sedangkan narasumber yang dihadirkan dari Instacare adalah CEO Lukman Hakim, yang menyampaikan materi tentang strategi digital marketing dan Pengantar Google My Business (GMB). Sebab GMB sendiri memiliki banyak fasilitas yang sangat membantu UKM dan pelaku Ekonomi Kreatif untuk memulai promosi online secara luas.

 

Pewarta : Safik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.