8 Napi Lapas Brebes, Mendapatkan Program Asimilasi di Rumah

MITRAPOL.com, Brebes – Lapas Kelas IIB Brebes kembali menyelenggarakan pengeluaran dan pembebasan 8 narapidana melalui program Asimilasi di Rumah,program asimilasi di rumah dilakukan berdasarkan Permenkumham Nomor 43 Tahun 2021.

Ke 8 (delapan) warga binaan tersebut mendapatkan asimilasi dirumah karena sudah memenuhi syarat substantif dan administratif sesuai peraturan yang berlaku dan telah melalui pengecekan data dan dokumen.

Kepala Lapas Brebes, Isnawan menyampaikan dari 8 (Delapan) orang warga binaan yang akan menjalankan Asimilasi di Rumah ini telah memenuhi syarat substantif yaitu berkelakuan baik dibuktikan dengan laporan perkembangan pembinaan dari masing-masing warga binaan, dan syarat administratif berupa dokumen usulan dari penjamin, laporan penelitian kemasyarakatan dari Bapas, dan lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Semua warga binaan telah memiliki penjamin dari pihak keluarga dan pada proses pengembalian ke masyarakat warga binaan pun wajib dijemput oleh penjaminnya.

Selain kontribusi dari pihak penjamin ataupun keluarga, Lapas Kelas IIB Brebes juga berkoordinasi dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) yang nantinya akan mengawasi dan melakukan pembimbingan kepada warga binaan selama menjalani Asimilasi di Rumah.

Isnawan memberikan pemahaman soal ketentuan yang harus dilakukan selama menjalani program asimilasi di rumah termasuk larangan dan tata cara pelaporan selama jalani asimilasi rumah.

Warga Binaan yang diberikan asimilasi hari ini, belum bebas sepenuhnya melainkan menjalankan sisa masa pidana di rumah dengan pengawasan oleh Bapas, dan nanti akan diusulkan program Pembebasan bersyarat, ataupun cuti bersyarat.

“Warga Binaan yang hari ini mendapatkan Asimilasi di Rumah hari ini belum sepenuhnya bebas, namun hanya menjalani pidana di rumah mencegah penyebaran Covid-19 di Lapas. Ikuti ketentuan yang berlaku, jika melanggar atau melakukan tindak pidana lagi, maka surat keputusan asimilasi rumah dicabut dan kembali masuk Lapas,” tandas Isnawan.

Salah satu narapidana yang mendapatkan Asimilasi di rumah, Iriando menyampaikan rasa terima kasih kepada Lapas Brebes yang telah memberikan Asimilasi dirumah kepadanya dan menegaskan bahwa program asimilasi dirumah oleh Lapas Brebes tidak dipungut biaya apapun.

“Alhamdulillah, Saya iriando pada hari kamis ini saya mendapatkan asimilasi dirumah, saya menyampaikan terima kasih kepada Lapas Brebes membimbing saya dan program asimilasi ini tidak dipunggut biaya satu rupiah pun Gratis,” ujar Iriando.

Isnawan juga berpesan kepada Keluarga yang diharapkan dapat berperan serta dalam menjaga dan mengawasi warga binaan sehingga tidak mengulangi kembali perbuatan yang melanggar hukum serta mengingatkan untuk tetap protokol kesehatan Covid-19.

“Tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19 dan laksanakan kewajiban yang harus dipenuhi selama menjalani asimilasi.” Tutup Isnawan.

 

Pewarta : Imael / Hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.