Hari Jadi Brebes, Puluhan Anak Bumiayu Disunat Masal

MITRAPOL.com, Brebes – Sebanyak 28 anak dari Bumiayu dan sekitarnya mengikuti sunatan masal. Mereka disunat dalam rangka Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes. Jerit tangis mewarnai prosesi sunatan masal akibat ketakutan, yang berlangsung di lantai 2, kompleks Pendopo Bumiayu, Jumat (28/1).

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH berharap, anak-anak yang disunat menjadi anak yang saleh. Sebab setelah disunat akan terbuka pemikirannya untuk lebih dewasa, berbakti kepada kedua orang tua dan guru serta selalu sholat lima waktu.

Idza berpesan kepada anak-anak agar rajin belajar dan tidak putus asa seandainya tidak ada biaya sekolah. Karena pemerintah telah memperhatikan dunia pendidikan dengan banyak menggulirkan beasiswa.

“Anak-anak Kabupaten Brebes harus berpendidikan minimal SLTA, jadi akan mudah dalam berkompetisi meraih pekerjaan,” ujar Idza.

Idza juga menandaskan, di Kabupaten Brebes telah banyak berdiri pabrik-pabrik yang membuka lowongan kerja. Ada ribuan lowongan pekerjaan di Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB).

Ketika Bupati yang didampingi Ketua Dekranasda AKBP Dr Warsidin MH meninjau ruang sunatan terdengar jerit tangis mewarnai ruangan prosesi sunatan. Beberapa anak tampak ketakutan sehingga tampak seorang anak gagal disunat. Namun sebagian dari mereka tampak tenang dengan keberanian yang tinggi mengikuti sunatan masal. Adapula ada yang mulutnya mengucapkan kalimat toyibah dan mengaji. Wajah mereka juga tampak sumringah karena mendapatkan ‘pecingan’ dari Bupati.

Selain itu, Bupati Idza juga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat masih ada ancaman varian Corona Omicron namun juga harus ada upaya peningkatan ekonomi pasca pandemi. Seperti yang dilakukan di Islamic Center Brebes beberapa waktu lalu dengan Gelar Produk UMKM ternyata mampu mendongkrak ekonomi masyrakat. Terbukti, perputaran keuangan saat itu mencapai lebih dari Rp 5 miliar.

Direncanakan, lanjut Idza, di Bumiayu perlu digelar kegiatan peningkatan ekonomi kreatif seperti Gelar Produk UMKM di Islamic Center. “Di Bumiayu, perlu juga ada gelaran ekonomi kreatif dalam jangka waktu pukul 14.00-21.00 WIB,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Imam Santoso menjelaskan, sunatan masal didukung tenaga medis dari RSUD Bumiayu. Ada 28 peserta yang di khitan, yang berasal tidak hanya dari Kecamatan Bumiayu tetapi juga dari Kecamatan Paguyangan.

Peserta sunatan mendapatkan Sarung, baju koko, dan uang saku dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabaten Brebes. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan sembako kepada peserta sunatan masal dan warga sebanyak 275 paket.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes Apriyanto Sudarmoko melaporkan, sunatan masal merupakan rangkaian kegiatan hari jadi Brebes yang menyentuh masyarakat. Masih ada agenda yang belum dilaksanakan diantaranya Festival Kopi pada 29-30 Januari 2022.

 

Pewarta : Maeel/Hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.