Polres Tapteng bersama Jibom Brimob Musnahkan 4 Bahan Peledak

MITRAPOL.com, Tapanuli Tengah – Polres Tapanuli Tengah bersama Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut melaksanakan Disposal (pemusnahan) bahan peledak yang ditemukan di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Kegiatan Disposal ini dipimpin oleh Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Jimmy Christian Samma, SIK melalui Wakapolres Kompol Rokhmat, SH, MH, didampingi Kasub Den Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, AKP Sardi bersama personel Polres Tapteng, Rabu (27/1).

Ada pun bahan peledak yang dimusnakan sebanyak 4 buah. Dan waktu pemusnahannya dibagi dua hari, yaitu hari ini Rabu (27/1) dan hari Kamis (27/1).

Demikian dijelaskan Wakapolres melalui Kasubbag Humas Polres Tapteng, AKP Horas Gurning, Rabu.

Untuk pemusanahan hari pertama dilaksanakan sekira pukul 15.00 WIB di Jalan Lintas Padang Sidimpuan, Dusun I, Desa Aek Gambir, Kecamatan Lumut, Tapanuli Tengah di lahan kosong yang jauh dari pemukiman.

Ada pun bahan peledak yang dimusnakan terdiri dari satu buah proyektil/mortir sepanjang 50 cm. Proyektil ini ditemukan masyarakat Kecamatan Pinangsori saat pembukaan Bandara Udara FL Tobing dan diamankan di Polsek Pinangsori.

Selanjutnya satu buah granat (jenis tidak diketahui). Besi padat bulat (berbentuk tolak peluru) yang ditemukan pada bulan November 2021, diduga terselimuti semen. Dan setelah dilaksanakan disposal, besi bulat tersebut bukan merupakan granat.

Untuk pemusnahan hari kedua, besok, direncakan pukul 12.00 WIB di Dusun II Hutaraja, Desa Sait Kalangan II, Kecamatan Tukka, Tapanuli Tengah, tepatnya di lokasi penemuan Mortir oleh warga setempat pada Januari 2022.

Ada pun yang akan dimusnakan yaitu, dua buah bahan peledak jenis peluru Mortir.

“Seluruh rangkaian kegiatan Disposal berjalan dengan lancar dan baik. Pak Waka mengimbau masyarakat manakala menemukan bahan peledak jenis peluru Mortir dan lain-nya, agar segera menghubungi pihak kepolisian,” kata Horas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.