Acara HPN 2022 di Kendari Resmi di Buka Ketua Dewan Pers

MITRAPOL.com, Kendari – Mohammad Nuh selaku Ketua Dewan Pers meresmikan pembukaan Konvensi Nasional Hari Pers Nasional (HPN) pada hari ini, Senin, 7 Februari 2022 di Kendari dengan memukul gong.

Namun sebelum memukul gong, Muhammad Nuh dalam sambutannya mengungkapkan bahwa seiring perkembangan teknologi media online tumbuh dengan pesat, dan Metaverse kemungkinan akan muncul kembali untuk memberi warna baru pada industri media.

“Dulu tahun 70-an kita mengenal kata internet sesuatu yang baru, nah mungkin metaverse ini seperti itu nantinya,” kata Mohammad Nuh yang hadir langsung di lokasi Konvensi Media dan HPN di Hotel Claro, Kendari.

Metaverse sendiri memiliki arti bahwa bagian Internet dari realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dalam dunia internet tahap kedua.

Nuh melanjutkan, media dan siapapun yang tak mau mengeksplor wilayah cyber space maka akan kembali ketinggalan jaman.

“Setelah teknologi berkembang, mengesplore wilayah yang selama ini belum yaitu wilayah cyber, wilayah imajiner,” ujar Nuh.

Oleh karena itu dia menyarankan agar media massa, segera mempersiapkan untuk bermigrasi dari fisik ke online atau bahkan keduanya.

“Paling tidak, kita memasuki hybrid, kombinasi antara ruang fisik dan cyber,” jelasnya.

Ia juga menambahkan jika media pers mampu berimigrasi ke dua ruang ini makan akan mampu bertahan dan menjadi pemain penting.

“Kami sangat yakin, insan pers bisa menjadi mesin melakukan perubahan tersebut. Sebab bukan hanya yang kuat bertahan atau yang pintar. Tetapi siapa yang mampu melakukan,” tuturnya.

Sambutan yang diberikan oleh Nuh pada pembukaan HPN tentunya dijadikan sebagai nasihat dan semangat baru bagi insan pers.

Acara puncak HPN 2022 ini akan digelar pada 9 Februari 2022 bertempat di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Kota Kendari.

Sebelumnya beberapa rangkaian acara telah dilangsungkan salah satunya pameran UMKM yang dibuka langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi. *Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.