Kapolres Simeulue Pimpin Rakor Cipta Kondisi, Jelang Pilkades Serentak 2022

MITRAPOL.com, Simeulue Aceh – Untuk persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Simeulue, pagi tadi digelar Rapat Koordinasi Cipta Kondisi Pilkades Serentak 2022 dengan Tema Sejuk, Aman dan Damai di Aula Joglo Mapolres Simeulue, Senin (7/2/2022)

Tampak hadir dalam rakor tersebut, Kapolres Simeulue AKBP Pandji Santoso S.I.K.,M.Si., Kabag Ops Polres Simeulue Kompol Arifin B Tampubolon., Kabid Pemerintahan Desa dan Mukim DPMD Simeulue Dahmirus., KA Satpol PP Dody Juliardi Bas, Kaban Kesbangpol Mohamad Arif, SH., Para Camat, Para Kades dan undangan lainnya.

Dalam pengarahannya, Kapolres Simeulue AKBP Pandji Santoso S.I.K., M. Si., meminta seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian Pemilihan Kepala Desa serentak dapat saling mendukung serta menjaga kondusifitas. Sehingga seluruh tahapan pemilihan kepala desa dapat berlangsung dengan sejuk, aman dan damai.

“Karena itu, rapat koordinasi yang kita laksanakan pada hari ini adalah sebagai langkah untuk mengawal seluruh tahapan Pilkades serentak dan untuk mengantisipasi berbagai potensi permasalahan yang timbul. Sehingga jalannya Pilkades ini dapat terlaksana dengan sejuk, aman, dan damai sesuai dengan isi dari pada spanduk kegiatan kita pada hari ini,” ujarnya.

Selain itu, hal-hal yang berkaitan dengan langkah untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan kesehatan pada proses Pilkades juga harus menjadi tanggung jawab bersama seluruh unsur masyarakat yang terlibat dalam hajatan demokrasi tersebut.

Lebih lanjut, Kapolres Simeulue AKBP Pandji Santoso juga turut menghimbau kepada seluruh peserta yang mencalonkan diri yang maju pada Pilkades serentak tahun 2022 ini, agar menghindari politik identitas yang bernuansa SARA.

“Mari kita hindari politik identitas yang bernuasa SARA. Ketika kita bertanding harus siap kalah, itu konsepnya. Bagi yang menang (Terpilih) jangan mengkotak – kotakan warga, harus dilebur jadi satu sehingga Pemerintahan nantinya tidak terganggu,” ucap Kapolres AKBP Pandji Santoso.

Dan kepada masing-masing calon Kepala Desa yang mengikuti pemilihan kepala desa serentak pada tanggal 31 maret 2022 mendatang maupun kepada para pendukungnya agar senantiasa menjunjung tinggi sportifitas. “Jangan sampai terjadi sebuah gejolak yang memicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam mencerna informasi diminta lebih bijak, sehingga tidak mudah terpengaruh dengan apa yang didengar atau mereka baca,” tambahnya

Sementara itu Kabid Pemerintahan Desa dan Mukim DPMD Simeulue Dahmirus dalam sambutan nya menyampaikan “seyogianya Pilkades serentak di Kabupaten Simeulue ini seharusnya dilaksanakan pada tahun lalu. Namun karena wabah Pandemi covid-19 masih melanda, sehingga semua aktivitas dibatasi,” ujarnya

“Pilkades ini direncanakan pada tahun 2021 namun persoalan covid sehingga membatasi aktivitas termasuk penyelenggaraan Pilkades di Simeulue,” ujarnya

Dari 54 desa yang akan mengikuti Pilkades secara serentak di Kabupaten Simeulue, yang paling banyak desa mengikuti Pilkades serentak pada tahun 2022 ini adalah Kecamatan Teupah Tengah,” Tutup Dahmirus.

 

Pewarta : Hendra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.