Persiapan Menuju Sekolah BLUD, Sekdis Sulsel Kunjungi SMAN 11 Pinrang

MITRAPOL com, Pinrang – Kunjungan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Drs. Harpansa, MM. Senin (07/02/2022).

Kedatangan Sekretaris Disdik kali ini didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Sulawesi Selatan Baharuddin Iskandar, S.Pd., M.Pd., dan Koordinator Pengawas SMA Wilayah X Drs. Jasman M. Tanreso, M.Si., M.Pd. adalah dalam rangka kunjungan kerja untuk persiapan SMAN 11 Pinrang (Boarding school) menuju sekolah Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD).

Badan Layanan Usaha Daerah yang selanjutnya disingkat BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan.

Kunjungan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulewesi Selatan pagi ini disambut langsung oleh Kepala UPT SMA Negeri 11 Pinrang, Drs. Syukur, M.Pd dalam sambutannya mengatakan kami senang dan bangga SMA Negeri 11 Pinrang dapat kunjungan dari bapak pejabat Dinas Pendidikan.

Pada kesempatan ini kami sampaikan bahwa SMA Negeri 11 Pinrang menyatakan siap menjadi sekolah BLUD, dengan banyak pertimbangan bahwa ada beberapa kegiatan/usaha di sekolah yang bisa kami swakelola diantaranya adalah asrama, pantry, usaha air minum, budidaya ikan air tawar, marning dan laundry. Pada kesempatan ini pula kami mengajak bapak untuk bisa melihat secara langsung kebutuhan sarana dan prasarana baik di lingkungan sekolah maupun asrama yang diperlukan semoga bisa diakomodir dan dapat direalisasikan,” pungkasnya.

Dihadapan Sekretaris Dinas Pendidikan, Wakasek Kesiswaan Syaifuddin, SH., S.Pd, M.MPd memamparkan ada lima program unggulan pembinaan karakter di SMAN 11 Pinrang diantaranya adalah 1) program Maghrib-Isya, peserta didik dibimbing mengembangkan karakter keagaamaan, 2) Menumbuhkan jiwa nasionalis melalui upacara bendera dan kegiatan lainnya, 3) Smanses berbagi dimana sesama perserta didik berbagi pengalaman terkait bakat dan minat, 4) Pembiasaan pagi bersih lingkungan sekolah sebelum jam pertama dimulai, dan 5) Gotong royong, kegiatan budaya positif dalam beraktivitas di asrama.

Pada Kesempatan yang sama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Sulawesi Selatan, Baharuddin Iskandar, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bawah banyak potensi guru berkompeten dan berprestasi di SMAN 11 Pinrang, beberapa guru diangkat menjadi Kepala Cabang Dinas di Wilayah X dan XII, selain itu beberapa Kepala Sekolah SMA di Kabupaten Pinrang ini diisi oleh guru-guru dari SMAN 11 Pinrang, ujarnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Bapak Drs. Harpansa, M.M yang akrab disapa Harpansa ini menyampaikan bahwa melalui BLUD, SMA Negeri 11 Pinrang sebagai sekolah boarding school di bawah naungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan nantinya diharapkan dapat mengelola manajemen dan sumber keuangan secara mandiri. BLUD sendiri adalah program instansi di lingkungan pemerintah yang tentu dalam pelaksanaannya kami perlu bekerjasama dengan Lembaga Pengawas Daerah dan Inspektorat untuk melakukan auditing.

Pada kesempatan yang sama Sekdis juga mengapresiasi kompetensi guru-guru di SMA Negeri 11 Pinrang yang mampu membawa SMA Negeri 11 Pinrang sebagai Juara I sekolah berkarakter se Sulawesi Selatan, Harpansa juga mengatakan salah satu indikator keberhasilan sebuah Lembaga/insititusi adalah mampu melahirkan kader pemimpin masa depan. saya berharap sekolah boarding school (berasrama) terus dipertahankan demi pembinaan karakter anak-anak kita ke depan, tandasnya

Dalam kunjungannya, Sekretaris Disdik juga menyempatkan diri memantau proses pembelajaran di kelas dan mengunjungi asrama putra dan putri SMA Negeri 11 Pinrang. Disela-sela kunjungannya beliau menyampaikan bangga dengan SMAN 11 Pinrang yang mampu mengelola asrama dengan baik, kondisi lingkungan yang bersih serta mampu menjaga sarana dan prasarana dengan kondusif.

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.