Musrenbang Kelurahan Banjarsari, Walikota Metro minta Lurah lihat potensi hasilkan PAD.

MITRAPOL.com, Metro Lampung -Pemerintah Kota Metro kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang berlangsung di Kelurahan Banjarsari, Senin (07/02).

Dalam penyampaiannya, Lurah Banjarsari Erwin Syarief melaporkan, bahwa kelurahan Banjarsari melalui Pokmas Manunggal Sejahtera telah melaksanakan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan pada tahun 2021.

“Dana kelurahan anggaran Rp. 200 juta sudah dialokasikan untuk pembuatan drainase di 8 RW di Kelurahan Banjarsari biaya Rp. 106 juta. Lainnya, pembuatan Corblok di 4 RW total Rp. 53 juta dan bimtek Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) terdiri dari 60 rumah tangga dengan dana Rp. 41 juta,” ungkapnya.

Lanjutnya, mengenai usulan prioritas pembangunan infrastruktur yaitu pembangunan jalan lempuyang merdeka di RW 01 yang merupakan jalan akses menuju perumahan. Selain itu, pemeliharaan jalan cendrawasih di RW 02 yang kondisi rusak dan berlubang, dan Metmix jalan pingled di RW 03 yang merupakan jalan akses mobilitas telah rusak dan belum pernah diperbaiki.

“Usulan prioritas pembangunan ekonomi kami mengusulkan jalan usaha tani kiwi yang berlokasi di RW 8 merupakan akses menuju lahan pertanian milik warga untuk bertani dan mengangkat hasil pertanian sepanjang 300 meter dengan lebar 3 meter masih berupa jalan tanah, pembuatan sumur bor di Kelompok Tani Sinar Baru RW 12 untuk kebun demplot, dan usulan jalan usaha tani di RW 07 yang masih merupakan jalan tanah,” ujarnya.

Erwin menjelaskan, usulan prioritas pembangunan sosial budaya adalah AC 1 PK dan Al-quran, Iqro dan Hadist Musholla Nurul Iman dan rehab masjid Al-Rahman, dan usulan bantuan pembangunan gedung TPA Swadaya.

Sementara itu, Walikota Metro Wahdi mengatakan, harus adanya koordinasi terkait pembangunan prioritas yang diusulkan Lurah dengan melakukan proses tanggap dan mengajak semua warga.

Wahdi juga meminta kepada para Lurah untuk melihat apa saja potensi yang ada di Banjarsari yang dapat menghasilkan PAD.

“Mari kita bersama berkolaborasi dengan OPD apa yang kira-kira bisa kita turunkan, termasuk juga pada pokok-pokok pikiran yang ada di RPJMD,” terangnya.

Wahdi juga menegaskan, anggaran belanja kelurahan Banjarsari merupakan pembangunan yang diperuntukan untuk masyarakat.

Selain itu, Wahdi meminta masyarakat untuk dapat memberikan motivasi-motivasi baru di Kelurahan Banjarsari dengan menciptakan pendapatan penghasilan tambahan dengan melakukan iuran bersama usaha-usaha swasta yang ada di Banjarsari, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Turut hadir Wakil Walikota Metro, Sekda Kota Metro beserta jajaran dan masyarakat.

 

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.