Musrenbang Karangrejo, Walikota Metro sampaikan target pembangunan berkeadilan empat prioritas

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Musrenbang Kelurahan Karangrejo bertema ‘Meningkatkan Kesejahteraan dan Daya Saing Masyarakat Melalui Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan’ yang berlangsung di Aula Kelurahan Karangrejo, Metro Utara, Selasa (8/2).

Dalam penyampaiannya, Lurah Karangrejo Sutono, melaporkan pokok pendapatan PBB di tahun 2020 sebanyak Rp. 219.901.322 presentase realisasi 62,33%. Dan pokok pendapatan PBB pada tahun 2021 Rp. 236.204.449 dengan presentase realisasi 65,41%.  Hal tersebut mengalami kenaikan sampai 3,08%, serta percapain target PBB Karangrejo tahun 2022 dengan pencapaian 85%, dengan adanya beberapa kendala .

“Beberapa kendalanya yaitu banyak wajib pajak yang tidak diketahui alamatnya, double SPPT, kurangnya kesadaran warga dalam pembayaran PBB. Serta SPPT PBB tidak sesuai, karena belum mengajukan perubahan SPPT,” jelasnya.

Lanjutnya, pada tahun 2021 Kelurahan Karangrejo melalui Program Kerja Masyarakat (Pokmas) telah melaksanakan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana dengan dana sebesar Rp. 204.276.000. Dana tersebut telah digunakan untuk pembuatan drainase dan sumur bor Kelurahan Karangrejo sebesar Rp. 182.000.000, dan belanja hiba berupa sarpras olahraga dan pembelian tenda UMKM Rp. 22.276.000.

Adapun usulan fisik terhadap Musrenbang pada tahun 2023 seperti, Rehap Kelurahan Karangrejo, onderlah Jl Kucing RT 48 RW 12, perbaikan jalan TPA RW 09, rehab rumah pintar. Usulan sosial budaya perbaikan jalan pembangunan pagar Musholah Al Mu’minun RT 13 RW 4, Sumur Bor Posyandu RT 20 RW 05, pembangunan Gedung TPA Masjid Al Mursalin RT 41 RW 11.

“Selain itu, harapan bagi masyarakat untuk Program Kerja Masyarakat (Pokmas) anggarannya untuk dapat dinaikan, serta kegiatan-kegiatan pembenahan yang ada di Kelurahan dapat dilaksanakan oleh masyarakat sekitar. Dengan adanya perbaikan drainase yang memberdayakan masyarakat sekitar, sehingga dengan dana yang diperoleh dapat menghasilkan drainase yang maksimal,” katanya.

Menanggapi hal itu, Walikota Metro Wahdi berharap mengenai kebutuhan masyarakat, agar melihat potensi dan dana yang telah ada untuk menghasilkan PAD untuk Kota Metro.

“Terkait pembangunan yang akan dilakukan tahun 2023, dengan melihat usulan prioritas yang disampaikan harus mempunyai analisis dan memahami masalah yang ada di lapangan, sehingga proses perencanaan pembangunan tertata dengan baik,” katanya.

Wahdi juga mengatakan, Tahun 2023 memiliki target pembangunan yang berkeadilan dengan empat prioritas adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas infrastruktur, tata kelola yang baik, dan penguatan struktur ekonomi yang produktif dan berdaya saing.

Diakhir sambutannya, Wahdi juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa Covid-19 saat ini masih belum berakhir, diminta masyarakat untuk patuh dengan protokol.

” Pandemi Covid-19 saat ini belum berakhir, dengan adanya kasus varian baru kita semua harus berhati-hati dan tetap menjaga protokol, dan jika ada masyarakat yang merasa badan tidak sehat harap segera periksakan diri,” tutup Walikota Wahdi.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.