SAR Sat Brimob Polda Jabar Laksanakan Patroli Pengecekan Pasca Terjadinya Longsor di Wilayah Kecamatan Sukaresmi

MITRAPOL.com, Jabar – Kali ini Tim SAR Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar menggelar kegiatan patroli SAR melakukan pemantauan dan pengecekan bencana longsor yang berada di wilayah Kp. Bakom Rt 02 / Rw 02 Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, Rabu (9/2/2022).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si memuji gerak cepat Sat Brimob Polda Jabar dalam pelaksanaan pengecekan wilayah yang terkena longsor.

Pasca terjadinya hujan lebat, yang terus menerus mengguyur di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya, mengakibatkan telah terjadinya bencana longsor yang menimbulkan 2 korban jiwa meninggal dan 2 korban mengalami Luka-luka.

Kejadian tersebut di akibatkan karena curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan pondasi pagar tebing berupa batu longsor menimpa rumah dari salah satu warga yang ada di Kp. Bakom Kec. Sukaresmi.

Sementara itu Aiptu Bintang mengatakan ” sementara untuk para korban sudah di bawa ke RSUD Cimacan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dan untuk korban yang meninggal sudah di makamkan dan dari hasil pemantauan yang dilakukan meliputi tebing yang berada di wilayah Kp. Bakom Kecamatan sukaresmi terlihat tidak akan terjadi longsor susulan dan relatif sudah aman,” ujarnya.

Lebih lanjut ” Kami melaksanakan patroli ini untuk mengantisipasi dan mengecek kembali situasi serta kondisi yang berada di Desa Cikancana Kec. Sukaresmi, dikarenakan hujan deras yang mengguyur dari sore sampai dengan malam hari oleh karena itu guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan kami melaksanakan pengecekan kembali dilokasi tersebut,” ucap Aiptu Bintang.

Komandan Batalyon B Pelopor Kompol Maman Ismail, A.md., mengatakan, ” kegiatan itu merupakan wujud bhakti Brimob kepada masyarakat dengan patroli di kawasan atau daerah yang rawan bencana guna mengecek dan memantau secara langsung di lokasi tersebut serta Patroli SAR kali ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat melakukan aktivitas dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan selalu tingkatkan kewaspadaan karena cuaca beberapa hari ini tidak menentu,” ujarnya.

Ditempat terpisah Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono,S.I.K., mengemukakan, ” patroli kawasan bencana menjadi salah satu giat rutin yang dilakukan Tim SAR Batalyon B Pelopor. Masyarakat juga tetap kita imbau berhati-hati dengan cuaca yang tidak menentu ini,

Ini merupakan wujud bhakti brimob untuk masyarakat dan Kami sudah siapkan personel dan segala peralatan manakala nantinya dibutuhkan, kami juga sudah melakukan pengecekan semua peralatan yang ada. Hal ini sangat penting kami lakukan, utamanya personel agar sewaktu-waktu terjadi peristiwa unit SAR sudah siap di lapangan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak,” pungkasnya.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.