Tingkatkan Kompetensi Aparatur, Kampung Nawaripi Papua gelar Bimtek di Desa Lipukasi Sulsel

MITRAPOL.com, Sulsel Sebagai upaya peningkatan Kompetensi dan menambah mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Kampung Nawaripi, Mimika Papua. Norbertus Ditubun selaku Kepala Kampung menggandeng Perangkat Desanya melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Desa Lipukasi, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan.

Bimbingan Teknis berlangsung pada 8 hingga 12 Februari 2022 berpusat di Kantor Desa Lipukasi.

Kepala Kampung Nawaripi, Norberus Ditubun menerangkan, terpilihnya Desa Lipukasi sebagai lokasi bimtek karena di wilayah itu patut sebagai Desa percontohan sebab memiliki sederet program unggulan yang berjalan sukses.

“Desa (Lipukasi) ini sangat maju terutama di bidang pertanian dan pariwisata. Selain itu budidaya ikan juga sangat baik, sehingga kita datang untuk banyak belajar disini” terang Norbertus.

Menurutnya, selain Aparatur Desa Nawaripi yang diboyong mengikuti Bimtek, para pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nawaripi juga diikut sertakan guna mempelajari pengelolaan BUMDes.

“Kita juga didampingi Sekretaris Distrik (Sekdis) Wania untuk menyaksikan secara langsung Bimtek ini. Selama 5 hari ini kita juga belajar kelola BUMDes dan manajemen pedesaan disini,” tandasnya.

Perlu diketahui, Desa Lipukasi merupakan salah satu dari 40 Desa yang tersebar di 15 Kelurahan yang ada di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

Jumlah warga di desa itu mendekati 5ribu Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 6 Dusun yakni Dusun Salomoni, Pao, Lipukasi, Gusungnge, Mareto dan Dusun Pasedde.

Dalam kunjungannya di Kantor Desa Lipukasi, aparatur Kampung Nawaripi diterima langsung oleh Maharuddin selaku Kepala Desa Lipukasi bersama perangkat desa didampingi Ardi S.Sos, M.Si sebagai Kabid PMD Dinas PMDPPKB Kabupaten Barru dan Direktur BUMDes Lipukasi
Mirwan, ST.

“Kami merasa bangga karena barusan ada kunjungan dari luar daerah kesini. Saat ini kami fokus di sektor pertanian. yakni tanaman padi seluas lebih dari 300 hektar dan tanaman buah semangka. Selain itu wisata kuliner dan perikanan juga kami kembangkan,” kata Maharuddin Kades Lipukasi saat menerima Aparat Kampung Nawaripi di Kantornya pada Selasa, (8/2/22).

Maharuddin menambahkan, di sektor Perikanan, pihaknya saat ini membudidaya ikan Bandeng, Ikan Nila dan Udang dengan lahan yang digunakan seluas lebih dari 5hektar.

Kades Lipukasi menegaskan, pihaknya siap bekerja sama dengan Kampung Nawaripi dalam segala aspek termasuk pengelolaan BUMDes.

“Intinya kita dua desa siap bekerjasama, termasuk bertukar orang-orang yang punya kreativitas dan potensi yang unggul. Saya yakin Desa Nawaripi kedepan akan menjadi lebih baik dan maju,” tutupnya.

 

 

Pewarta : AQM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.