100 Pelaku Usaha Mikro Kecil Mengikuti Pelatihan DEA di Grand Zuri

Sebanyak 100 peserta Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Tangerang Selatan mengikuti pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), di Grand Zuri, Serpong, Selasa (15/12/2022).

MITRAPOL.com, Serpong – Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tangsel mengikuti pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), di Grand Zuri, Serpong, Selasa (15/12/2022).

Pelatihan ini diselenggarakan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Bandung yang menggandeng Dinas Kominfo Tangsel.

Pelatihan ini dalam usaha meningkatkan SDM pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Program DEA sendiri merupakan pelatihan yang menjadi stimulan bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan kompetensi serta talenta digital mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tangerang Selatan Tubagus Asep Nurdin.

“Program ini, kami kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dalam hal ini dilakukan oleh BPSDMP Kominfo Bandung. Salah satunya yang ditunjuk adalah Pemkot Tangsel. Memang programnya ini bagus sekali,” ujar Plt Kadis Kominfo Tangsel, Tubagus Asep Nurdin.

Kegiatan ini tidak hanya diperuntukkan bagi pelaku UMKM. Asep Nurdin menyatakan, terdapat jenis pelatihan lain yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.

“Ada kurang lebih 17 program. Tapi memang sekarang ini untuk UMKM-nya, yakni Digital Scholarship Academy. Namun nanti ada juga pelatihan, misalnya seperti Media Sosial Analytics, dan lainnya. Untuk masyarakat, lalu bukan hanya diikuti secara offline, tapi ada juga program onlinenya,” ungkapnya.

Menurutnya, pelatihan ini sangatlah bermanfaat, khususnya untuk meningkatkan kemampuan diri dalam era globalisasi. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini akan menerima sertifikat yang sangat berguna nantinya.

“Misalnya teman-teman di Tangsel membutuhkan sertifikat networking atau jaringan komputer, nah itu bisa. Ada programnya lagi, nanti terkait program networking-nya. Jadi ada 17 program dan ini beda-beda,” katanya.

Kepala BPSDMP Kominfo Bandung, Betty Djuliati menjelaskan, pelatihan DEA ini merupakan salah satu pelatihan yang tersaji dalam program bertajuk Digital Talent Scholarship (DTS).

Selain DEA, ada tujuh jenis kegiatan lain yang juga memiliki tujuan yang sama, yakni untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat.

“Jadi kami memiliki program bernama Digital Talent Scholarship. Jadi ada delapan jenis akademi dan Pemkot Tangsel ini menjadi kota terpilih,” terangnya.

Adapun delapan akademi tersebut, kata Betty, yaitu Digital Entrepreneurship Academy, Thematic Academy, Professional Academy, dan Fresh Graduate Academy.

“Lalu ada juga Talent Scouting Academy, Government Transformation Academy, Digital Leadership Academy, dan Vocational School Graduate Academy,” paparnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.