Empat peserta ikut Uji Kompetensi Seleksi Jabatan Sekda Gowa

MITRAPOL.com, Gowa Sulsel – Sebanyak empat peserta ikut pada uji kompetensi atau assesment seleksi pejabat pimpinan tinggi pratama pada posisi Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (14/2).

Keempat peserta yakni Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Kamsina, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kabupaten Gowa, Indra Setiawan Abbas, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Taufik Mursad dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setkab Gowa, Marzuki.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh. Basir mengatakan, dalam pelaksanaan uji kompetensi tersebut keempat peserta ini berhasil memaparkan visi dan misi pembangunan yang berbeda-beda.

“Uji kompetensi kita lakukan setelah Bapak Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan selaku pejabat pimpinan kepegawaian daerah melakukan jabatan rotasi atau mutasi antara jabatan tinggi pratama untuk mendudukkan sekretaris daerah,” katanya saat dikonfirmasi.

Kondisi ini dimungkinkan sebab pada pelaksanaan pendaftaran seleksi terbuka lelang jabatan sekretaris daerah pada Januari 2022 lalu tidak ada pendaftar yang memenuhi syarat. Termasuk setelah dilakukannya perpanjangan pendaftaran hingga 26 Januari 2022 kemarin masih belum ada yang memiliki syarat sebagai peserta lelang jabatan.

“Kami telah membuka secara terbuka tapi tidak ada pendaftar maka disyaratkan untuk membuka perpanjangan. Setelah perpanjangan pendaftaran kembali dibuka dengan durasi waktu tiga hari kerja, tetap tidak ada yang mendaftarkan diri, sehingga lelang terbuka tersebut dianggap tidak lagi menjadi acuan untuk kedudukan sekretaris daerah,” jelasnya.

Olehnya, agar proses seleksi jabatan sekretaris daerah tetap berjalan sesuai aturannya maka Bupati Gowa menunjuk pejabat eselon II yang bersyarat sebanyak empat orang.

Sementara Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi BKPSDM Kabupaten Gowa, Muh Agus Harahap mengungkapkan, dalam proses uji kompetensi ini penguji terdiri dari lima orang. Masing-masing empat orang akademisi dan satu dari kalangan ASN.

Pasca diselenggarakannya tahapan uji kompetensi oleh panitia seleksi, BKPSDM Kabupaten Gowa kini masuk ke tahap merekap hasil ujian keempat peserta tersebut.

“Dari hasil rekapan, angka itulah yang akan dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sembari menunggu rekomendasi untuk diserahkan ke PPK terkait siapa yang direkomendasi menduduki jabatan Sekretaris Kabupaten Gowa,” katanya.

 

 

Pewarta: Armand AR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.