Perihal dugaan korupsi di Dinas LH, Kejari Kota Metro beri penjelasan

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Kejaksaan Negeri Kota Metro, akhirnya menaikkan status penyidikan, terkait adanya dugaan tindak pidana korupsi pada peningkatan operasi dan pemeliharaan prasarana dan sarana sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro T.A. 2020.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Metro Rio Irawan PH, SH.,MH., melalui siaran Persnya, Jum’at (18/02).

“Saat ini, kami sudah bentuk Tim Jaksa penyidik guna menindaklanjuti surat perintah tersebut,”katanya.

Ia menambahkan, pada proses penyidikan tersebut akan mengumpulkan alat bukti yang sah sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 184 KUHAP.

“Mengingat situasi pandemi yang sedang melanda, maka proses pengumpulan alat bukti yang sah dilaksanakan dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan antara lain dengan menerapkan 6M,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, perkara dugaan tindak pidana korupsi rehabilitas Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) yang berlokasi di Kelurahan Karang Rejo, Metro Utara, melalui dana APBD Tahun 2020, hingga kini terus bergulir.

Dijelaskan, Kasi Intel Kejari Kota Metro, Rio Halim, PH., SH., MH.bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan dan proses pengumpulan data dan bahan keterangan (puldata dan pulbaket) dalam perkara dugaan korupsi rehabilitasi TPAS.

“Ya, perkara ini sedang berjalan, kepada rekan Media harap bersabar, jika nantinya ditemukan indikasi dugaan korupsi, akan kita naikkan statusnya menjadi penyidikan,” ujar Jaksa Muda yang energik saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/01/2022).

Selain itu, proses penyelidikan tidak bisa tergesa-gesa, butuh waktu untuk menemukan alat bukti untuk kemudian menetapkan seseorang sebagai tersangka.

“Butuh waktu dan proses, pada prinsipnya menetapkan tersangka ketika sudah menemukan alat bukti, nanti kita umumkan kepublik pada saatnya,” tambahnya.

Hingga saat ini Kejari Kota Metro, dalam mengusut dugaan perkara tindak pidana korupsi rehabilitas TPAS dan pemeliharaan rutin kendaraan Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Tahun 2020, akan menyeret beberapa nama pejabat Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro pada masa Jabatan 2020.

 

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.