Awal Bulan Maret Polres Ketapang Polda Kalbar Gelar Apel Operasi Keselamatan Kapuas 2022

MITRAPOL.com, Ketapang Kalbar – Memasuki pada awal Bulan Maret Tahun 2022, Polres Ketapang Polda Kalbar menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2022 di lapangan apel Mapolres Ketapang, Selasa (01/03/2022). Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, S.I.K., M.H.

Dalam Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Polres Ketapang Polda Kalbar, Kodim 1203 Ketapang, Dinas Perhubungan (Dishub), BPBD Ketapang serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ketapang ini mengambil tema “ Melalui Operasi Keselamatan Kapuas 2022 Kita Wujudkan Budaya Tertib Berlalulintas Untuk Menciptakan Kamseltibcarlantas Yang Mantap dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Dengan Meningkatkan Disiplin Protokol Kesehatan.

Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, S.I.K., M.H., mengatakan Operasi Keselamatan Kapuas 2022 ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) minggu mulai tanggal 01 Maret hingga 14 Maret 2022. “ Operasi Keselamatan Kapuas merupakan kegiatan operasi yang bersifat kemanusiaan dan cipta kondisi jelang bulan suci Ramadhan,” ujarnya.

Kapolres juga menambahkan penjelasanya, Dalam amanat Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Suryanbodo Asmoro, yang dibacakan Kapolres, digelarnya Operasi Keselamatan Kapuas 2022 adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat tentang protokol kesehatan. Kedua, meminimalisir potensi gangguan kamtibmas dan kecelakaan di jalan raya,” Jelas Kapolres Ketapang

“ Selain itu ada tujuh jenis sasaran penertiban pelanggaran dalam kegiatan operasi keselamatan ini yaitu pengendara yang menggunakan handphone di jalan raya, berbonceng lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan dibawah umur, mengemudi di bawah pengaruh alcohol, melawan arus, dan tidk menggunakan safety belt saat berkendara,” terang Kapolres

Kapolres juga menegaskan, bahwa personil gabungan yang dilibatkan dalam operasi keselamatan Kapuas 2022 tersebut akan mengedepankan langkah persuasif humanis.

” Dalam operasi ini nanti tentunya kepolisian akan lebih mengedepankan pola-pola preemtif, kemudian preventif, persuasif, tegas dan humanis,” beber dia.

Mengakhiri amanat Kapolda Kalbar yang dibacakannya,Kapolres Ketapang menyampaikan target yang akan dicapai dalam operasi keselamatan ini diantaranya, turunnya angka kecelakaan, dan ketertiban masyarakat dalam berlalulintas dapat terwujud agar tercipta kamseltibcar lantas khususnya di wilayah Hukum Polres Ketapang Polda Kalbar.

” Selain menargetkan, turunnya angka kecelakaan, tentu dimasa pandemi ini akan kita maksimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19, guna menekan laju angka masyarakat terpapar covid-19,” tutupnya.

 

Pewarta : Roy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.