Peresmian TPS3R ‘Greget Lumintu” dan penghijauan di Desa Wadu

MITRAPOL.com, Kedungtuban Jawa Tengah – Dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 yang dilaksanakan di Aula Balaidesa Wado, Jum’at (4/3/2022) dilaksanakan juga peresmian TPS3R.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pemaparan program pencapaian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dengan mengusung Tema “Kurangi Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Porklim ”

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan kita berharap bisa di kelola bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bisa menghasilkan, potensi sampah dari sekolah-sekolah dari desa-desa kita berharap natinya bisa mejadi pupuk dan sebagainya.

“Di Desa Wadu semoga bisa menjadi contah pengelolaan sampah, di Blora ada dua lokasi satu di Desa Porwosari dan di Desa Wadu bisa di kelola dengan baik dan desa percontohan desa-desa yang lain,’terangnya.

Dalam sambutan yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Istadi Rusmanto, ST, MM putra kelahiran Bajo Kedungtuban tersebut memaparkan, kesempatan ini saya akan menyampaikan terkait rangkaian HPSN tahun 2022 dasar pelaksanaan kami yaitu surat edaran dari kementerian LHK tentang peduli sampah nasional, ini yang mendasari kami untuk melaksanakan kegiatan HPSN Kabupaten Blora.

“Untuk rangkaian yang pertama pada, Kamis (10/02/2022) kita lakukan di radio Gagak Rimang dengan sumber Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ketua Lembaga Konservasi Lingkungan dan Ketua Bank Sampah Induk (BSI) dan ternyata banyak dan antusias masyarakat cukup tinggi,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala KPSB3LB3 Bayu Himawan menambahkan, hari peduli sampah ini milik kita bersama, artinya bukan milik DLH saja. Diharapkan dengan Hari Peduli sampah nasional tahun 2022 bisa melibatkan peran masyarakat seluas-luasnya.

“Kegiatan ini bisa berjalan karena peran serta masyarakat dan kesadaraan dalam mensukseskan HPSN 2022,”ucapnya.

Lebih lanjut Bayu menerangkan, kalau di DLH memang tidak ada anggaranya tapi karena ini peran serta masyarakat, anggaran dari masyarakat sendiri dan untuk masyarakat sendiri.

Peringatan HPSN menjadi salah satu pendorong untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengurangan sampah yang hasilnya sangat positif, ini ditingkatkan peranannya kepada aktualisasi produktivitas masyarakat, melalui upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penanganan sampah.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Blora, Ketua TP PKK Kabupaten Blora beserta anggota, Ketua DPRD Blora, Forcompincam, Kepala Desa Wadu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan lainya.

 

 

Pewarta : Menco

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.