Minggu Kerja Bakti, Warga RT 29/07 JSP II Tejoagung Metro Timur bersihkan lingkungan Komplek

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyumbatan saluran air, dan pembersihan lingkungan warga masyarakat RT 29 RW 07 di Komplek Perumahan Jurai Siwo Permai ( JSP II ) Kelurahan Tejoagung Metro Timur melaksanakan kegiatan kerja bakti, Minggu (6/3) pagi.

Kegiatan kerja bakti bersih – bersih dilingkungan komplek dipimpin Ketua RT 29, Edi Azwan dan dilaksanakan secara serentak oleh warga Komplek JSP II yang ada di Kelurahan Tejoagung Kecamatan Metro Timur dengan melibatkan seluruh warga masyarakat, dan dihadiri Lurah Tejoagung,Ketua RW 07 dengan dibantu oleh personil Babinkamtibmas, Babinsa dari Koramil.

Saat diwawancarai, Edi Azwan selaku Ketua RT 29/07 Komplek Perum JSP II Tejoagung Metro Timur, mengatakan bahwa fokus sementara ini kerja bakti adalah melakukan pembersihan lingkungan perumahan komplek.

“Kerja bakti bersih-bersih lingkungan saat ini sementara dilingkungan komplek terutama di RT 29. Kedepan kita juga akan berkoordinasi antar RT melalui arahan dari Ketua RW untuk bersama – sama memperhatikan lingkungan untuk kebersihan. Kegiatan ini sebagai langkah antisipasi mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD),” kata Ketua RT 29, Edi Aswan kepada Mitrapol.com.

Ia juga menambahkan, bahwa kerja bakti ini bertujuan untuk mencegah dan mengurangi dampak jika sewaktu-waktu terjadi banjir. Terutama menghadapi cuaca yang sangat ekstrem, maka masyarakat harus tanggap untuk melakukan antisipasi terjadinya banjir.

“Dengan adanya kerja bakti ini, maka lingkungan akan menjadi bersih dan sehat. Jika lingkungannya sudah bersih, maka nyamuk Aedes Aegypti tidak bisa berkembang biak. Dengan demikian, masyarakat terhindar dari penyakit DBD. Apalagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan,” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Tejoagung Metro Timur, Muhammad Erwan Musaddad, menekankan kepada warga masyarakat komplek RT 29 Tejoagung Metro Timur, akan pentingnya melaksanakan kegiatan kerja bakti.

“Kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk merekatkan kembali tali silaturahim antar warga yang ada dilingkungan RT 29 RW 07 Kelurahan Tejoagung Metro Timur. Dengan membersihkan saluran air yang tersumbat sehingga dapat berfungsi dengan baik dan lingkungan menjadi sehat. Jika masyarakat selalu rutin menjaga kebersihan lingkungan, Insya Allah banjir bisa kita cegah bersama-sama,” terangnya.

Dalam menghadapi cuaca yang ekstrem ini, Lurah Tejoagung Mhd Erwan Musaddad, menghimbau kepada masyarakat warga RT 29 RE 07 agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Melalui kerja bakti ini kami harapkan mampu tercipta lingkungan yang bersih, sehat dan bebas dari penyakit. Disamping itu bisa mengurangi dampak banjir dan saluran air tidak tersumbat sehingga bisa langsung terserap tanah. Paling utama giat kerja bakti bisa mengembalikan kembali citra budaya gotong royong masyarakat yang saat ini sedikit demi sedikit mulai tergerus. Mudah – mudahan bisa berkelanjutan dan diikuti lingkungan lain di kelurahan Tejoagung,” pungkasnya.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.