Polda Sulut Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan Bersama Unsrat Manado, Narasumber Utama Irjen Pol Mulyatno

MITRAPOL.com, Sulut – Polda Sulawesi Utara bekerja sama dengan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menggelar Seminar Wawasan Kebangsaan yang digelar di aula Tribrata Polda Sulut, Selasa (15/3/2022).

Dalam Seminar Wawasan Kebangsaan ini yang menjadi narasumber utama adalah Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno. Seminar dihadiri oleh Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA, para Dekan, para Dosen Universitas Sam Ratulangi Manado dan para PJU Polda.

Dalam materinya, Irjen Pol Mulyatno menyampaikan implementasi 4 konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta pembinaan Karakter Bangsa.

“Nilai-nilai kebangsaan ini menjadi panduan dan pedoman bagi Bangsa Indonesia, untuk membangun jati diri bangsa (nation character building), dan membangun kesadaran mengenai sistem kenegaraan dan sistem nasional, dalam menata kehidupan bangsa dan negara (national system building),” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Oleh karena itu, nilai-nilai kebangsaan ini katanya perlu disosialisasikan, diinternalisasikan, dan diinstitusionalkan secara terus menerus kepada semua generasi bangsa dan disesuaikan dengan dinamika tuntutan perkembangan zaman.

Kapolda pun menyampaikan apresiasi dan menyambut baik bisa saling berbagi pengalaman dengan jajaran Unsrat. “Ini sungguh kehormatan yang luar biasa di hadapan Rektor dan para Dosen, kita bisa saling berbagi pengalaman, saling sharing dengan suasana penuh keakraban,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Sementara itu Unsrat melalui Ibu Rektor menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Sulut atas terselenggaranya Seminar Wawasan Kebangsaan.

“Kami merasa sangat terhormat bisa menerima materi langsung dari Pak Kapolda di Kantor Polda Sulut ini. Kami merasa mendapat bimbingan, selain dibekali dengan keilmuan juga kita mendapatkan sosial spirit yang harus sama-sama dibenahi untuk kemajuan Unsrat,” ujar Prof Ellen.

 

Pewarta : Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.