Parah! Sejumlah Kepala Desa di Minta 1 Juta untuk Pengadaan PIN

MITRAPOL.com, Bolmong – Dugaan adanya pungli kabar bahwa Sebelum dilakukan proses pelantikan kepada 96 sangadi (Kepala Desa) terpilih di Bolmong, beberapa Sangadi yang menjadi korban membeberkan dimana mereka dimintai menyetor/membayar dana pengadaan Pin dan lain-lain, sebesar Rp 1 Juta Rupiah.

Demikian hal tersebut dikatakan dari beberapa sumber Kepada awak media, pada Rabu 16 Maret 2022 kemarin.

” Sebelum proses pelantikan, kami dimintai membayar biaya pengadaan pin dan logo garuda yang akan kami pakai saat pelantikan, sisi lain barang tersebut sudah kami siapkan lebih awal, tapi karena tuntutan membayar pengadaan itu, mau tidak mau kami pun harus penuhi,” ujar salah satu Sangadi yang enggan disebutkan namanya.

Terpisah Kepada Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( BPMD ) Kabupaten Bolaang Mongondow ( Kab-Bolmong), Abdulsallam Bonde ketika di konfirmasi awak media, Kamis (17/03/22) membantah hal tersebut.

Itu tidak ada. Hanya ada yang jual atribut tuk tanda jabatan, Kalau suka ambil, kalau tidak ya tidak,” jawabnya.

Dijelaskannya, Dimana pengadaan atribut itu bukan dari Pemda, melainkan dari pihak lain.

” Itu bukan dari Pemda atau PMD, tapi dari pihak lain, dan mereka hanya meminta izin kepada PMD, dan kami persilakan,” kata Kadis BPMD Bolmong.

Disinggung apakah dana pengadaan PIN dan Logo garuda sebesar itu, di setor kepada BPMD Bolmong atau kepada pihak ketiga? Abdulsallam Bonde mengatakan, dana pengadaan itu tidak disetor ke BPMD, tapi mereka setor kepada pihak yang menjual dan kami tidak tau mereka yang minta izin menjual dan foto-foto itu siapa,” ucap Bonde.

Seraya menambahkan, Bahwa PMD tidak ada urusan dengan pengadaan itu, Karena PMD hanya fokus pelantikan.

” Intinya kami tidak ada urusan dengan itu dan hanya fokus pelantikan saja ” tegas Kadis BPMD Bolmong Abdulsallam Bonde.

Diketahui Bupati Bolaang Mongondow Dra. Hj.Yasti Soepredjo (YSM), Rabu 16 Maret 2022 Kemarin, resmi melantik 96 Kepala Desa ( Kades-) terpilih dari hasil pemilihan pilsang di Bolmong yang digelar pada 3 Ferbuari 2022 yang lalu.

Proses pelantikan 96 Kepala Desa ini terpantau awak media berjalan lancar, dan dihadiri oleh pejabat teras Bolmong maupun dua Kapolres terlihat turut hadir. Yakni, Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Dr. Nova Irone Surentu SH.MH. dan Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK.

Prosesi pelantikan tersebut, panitia pelaksana kegiatan pelantikan sangadi terpilih, tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat, hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19.

 

Pewarta : Cr07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.