Kemah Bareng di Bukit Kendeng, Road to Festival Wisata Hutan 2022

MITRAPOL.com, Pesawaran – Berbagai komunitas pecinta alam dan traveler berbagai daerah datang dan mendirikan tenda di Bukit Kendeng, Way Ratai, Pesawaran pada, Sabtu (19/03/2022).

Komunitas-komunitas tersebut datang menghadiri acara ‘Nenda Bareng’ yang diselenggarakan oleh Pokdarwis Desa Sumber Jaya Way Ratai bersama Dinas Kehutanan Provinsi Lampung.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Festival Wisata Hutan Lampung 2022. dan Kabupaten Pesawaran, khususnya Desa Harapan Jaya, menjadi penyelennggaraan pertama rangkaian acara festival tersebut.

Acara nenda bareng di Bukit Kendeng ini berlangsung 2 hari. Hari Sabtu dan Minggu, tanggal 19 dan 20 Maret 2022.

Selama acara, peserta diajak melakukan aksi peduli lingkungan, forest healing, dan forest night.

Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah mengatakan, kegiatan ini adalah acara pertama di tahun 2022 dalam rangka menuju Festival Wisata Hutan Lampung 2022.

“Bukit Kendeng indah banget. Di sini bisa dapat sunrise dan sunset, dapat dua arah. Spot yang menarik,” kata Kadis Yanyan.

Bukit Kendeng, kata Yanyan, diawali oleh aktivitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan kawan-kawan petani Desa Harapan Jaya. Mereka ingin menampilkan potensi wisata dalam kawasan hutan.

“Lalu kami terinspirasi bagaimana kita bisa mendorong petani lebih mencintai hutan. Karena ada potensi selain komoditi yang mereka usahakan.

Kalau mereka bisa menikmati dan menjual bentang alam yang indah ini, maka mereka akan mendapatkan keuntungan finansial. Selain tentu saja mempertahankan dan meningkatkan kualitas hutan.

“Karena sudah banyak petani yang mulai mengelola wisata alam seperti ini, maka kami berinisiatif menyelenggarakan Festival Wisata Hutan Lampung,” terang Yanyan.

Wisata di dalam kawasan hutan adalah wisata yang menjual tempat-tempat indah dan kualitas hutan yang masih bagus. Sehingga tentu saja harus terbatas, tidak bisa wisata massal.

Kedepan mudah-mudahan kawan-kawan Pokdarwis lebih bersemangat dengan kegiatan ini. Dan tentu akan turut serta membantu pembangunan daerah.

 

Pewarta : Deni W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.