Ciptakan Kamtibmas kondusif jelang Pilkades serentak 2022, Tiga Pilar Pasuruan laksanakan Doa bersama

MITRAPOL.com, Pasuruan Jatim – Masa tenang terakhir jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak,  Pemkab Pasuruan menggelar Doa Bersama secara virtual dari Gedung Segoropuro Kabupaten Pasuruan, Senin (21/03).

Dari pantauan di lapangan, doa bersama dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Pasuruan, KH. Nurul Huda Muhammad dan diikuti oleh para Cakades  (calon kepala desa) yang bergabung via zoom.

Dalam sambutannya, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf SE. MMA mengatakan, doa bersama adalah bagian dari ikhtiar dengan tujuan agar seluruh pelaksanaan Pilkades yang digelar secara serentak pada Rabu (23/03/2022) besok bisa berjalan aman, lancar dan dijauhkan dari hal-hal yang mengganggu Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat).

“Doa bersama ini adalah ikhtiar kita untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT agar jalannya Pilkades berjalan aman, lancar dan jauh dari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. Utamanya mengganggu Kamtibmas  di Kabupaten Pasuruan. Jangan sampai terjadi,” ucap Irsyad.

Kepada para Cakades, Irsyad meminta agar seluruhnya siap untuk menerima segala konsekuensi yang akan terjadi, Baik menang ataupun kalah dalam Pilkades tahun ini.

Dirinya berharap apapun hasilnya, hal tersebut adalah sebuah takdir Tuhan yang harus kita terima dengan lapang dada.

Tak hanya siap menang dan siap kalah, Gus Irsyad juga meminta para Cakades untuk tidak melakukan pelanggaran hukum. Dalam artian sampai melakukan hal-hal yang membuat gaduh, bahkan sampai menimbulkan kericuhan yang menjadikan masyarakat sebagai korban

“Peran cakades penting sekali untuk sama-sama jangan sampai melakukan pelanggaran yang membuat gaduh masyarakat. Apalagi sampai mengorbankan masyarakat. Mari kita jaga kondusifitas wilayah  kita masing-masing,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana menjelaskan, dalam Pilkades tahun ini, total DPT (daftar pemilih tetap) mencapai 185.648 pemilih. Mereka akan mencoblos di 417 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar di 54 Desa di 21 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan.

Bakti menghimbau seluruh warga Desa yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi dua hari lagi itu untuk sama-sama mensukseskannya.

“Sukses tidaknya Pilkades ya dari seluruh warga desa itu sendiri. Mari kita berdoa agar apa yang kita inginkan bisa dikabulkan oleh Allah SWT,” harap Bakti.

Sementara Kapolres Pasuruan Kota AKBP R.M Jauhari SH.,S.IK.,M.SI, menambahkan dengan dilaksanakan kegiatan Doa bersama ini sebagai upaya menciptakan situasi Kamtibmas aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 di Pasuruan.

“Kami berharap melalui doa bersama ini pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 di Pasuruan berlangsung aman, sehat, damai dan kondusif,” ujar AKBP Jauhari.

Selain itu, Jauhari menegaskan dengan ikhtiar batin ini, Forkopimda khususnya Polres Pasuruan Kota memohon kepada Allah SWT agar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sehari-hari diberi ridho, kelancaran dan dilindungi Allah SWT.

“Kami juga memohon doa agar pelaksanaan Pilkades Serentak di tengah situasi pandemi Covid-19, masyarakat Pasuruan senantiasa diberi kesehatan,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pasuruan M. Irsyad Yusuf, SE.,MMA dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kab. Pasuruan KH. A. Imron mujib SH.,MH, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari SH.,S.IK.,M.Si, Kabag Ren Polres Pasuruan Kompol Sugeng, Pabung Mayor Kav. Edi Surnoto, Kepala PCNU, Kepala MUI, Kepala FKUB, Asisten 1 Kesra Rachmad Syarifudin S.sos, dan PLT Dinas Pemberdayaan masyarakat Dan Desa Bhakti jati permana S.stp,M.m serta Undangan ± 25 Orang.

 

 

Pewarta : Lan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.