Pangdam IV/Diponegoro Canangkan Kampung Pancasila di Kendal

MITRAPOL.com, Kendal Jateng – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto bersama Forkopimda Kendal mencanangkan Kampung Pancasila bertempat di Desa Cepiring, Kab. Kendal. Hal ini sebagai bentuk dukungan toleransi antar umat beragama serta gerakan hidup rukun antar sesama masyarakat sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam butir Pancasila, Jumat (01/04/2022).

Dalam kunjungannya, Pangdam beserta rombongan disambut langsung dengan pertunjukan seni budaya hingga tari tarian yang menggambarkan keberagaman budaya Indonesia. Menurutnya pertunjukan seni itu merupakan salah satu bentuk kekayaan budaya Indonesia. Dimana dalam pelaksanaannya tidak ada unsur membeda-bedakan latar belakang aliran kepercayaan kesenian tersebut.

“Dari tarian saja sudah melambangkan bahwa kita bersinergi antara umat beragama dan para wali ataupun sesepuh kita dalam memberikan ajaran kepada kita bahwa tidak ada perselisihan,” terangnya.

Pangdam mengingatkan kepada seluruh masyarakat Desa Cepiring, agar bijak di dalam menggunakan gadget, sebab perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan masyarakat, khususnya generasi muda dalam mengakses informasi. Sehingga untuk mengantisipasi dampak negatif yang ditimbulkan demi melestarikan budaya leluhur bangsa Indonesia agar tidak punah maka dicanangkanlah Kampung Pancasila.

“Mari kita bangun sinergitas semuanya. Indonesia harus dibangun mulai dari desa, kalau kampungnya atau desanya kuat, maka Indonesia akan maju dan kokoh. Mari kita serukan semangat gotong royong, semangat Pancasila, semoga tidak ada lagi anak-anak muda kita yang tidak hafal Pancasila dan ini bisa ditiru oleh kampung lain,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menyebutkan beberapa langkah Kodam IV/Diponegoro dalam mendukung program pembentukan Kampung Pancasila, di mana telah disiapkan aplikasi elektronik Kampung Pancasila. Melalui aplikasi tersebut pengguna baik anak-anak maupun dewasa bisa mengakses fitur-fitur pengetahuan tentang nilai-nilai kenegaraan.

Selain itu untuk menambah wawasan para generasi muda, Kodam IV/Diponegoro juga telah menyiapkan pendidikan online gratis alias tidak berbayar, yang dapat diperoleh dengan mendownload aplikasi Cerdas Anak Diponegoro. Banyak fasilitas pembelajaran yang sangat mengedukasi mulai SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi, bahkan ada juga soal-soal tes CPNS. Disamping itu ada juga aplikasi Alumni Book yang dapat digunakan untuk mendata masyarakat yang ada di sekitar lingkungan tersebut hingga mengekspos keindahan alam desa tersebut.

Turut hadir mendampingi Pangdam antara lain Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos, M.M., Para Asisten Kasdam IV/Diponegoro, Kainfolahtadam IV/Diponegoro Kolonel Inf Drs. Hardi Darmawan, Wakapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Muchlis Gasim, S.H., M.Si., Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, S.Sos, Ketua FKUB serta seluruh perangkat desa dan warga Desa Cepiring.

(Red/Pendam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.