Wujudkan Kualitas Pendidikan, Walikota Metro lantik pengurus HIPKI

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Walikota Metro Wahdi menghadiri pelantikan sekaligus pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HIPKI (Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia) Kota Metro Masa Bakti 2022-2026, yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kota Metro, Jumat (1/4).

Dalam laporannya, Ketua acara Anton Suryono, mengatakan tujuan dilakukan pertemuan untuk memupuk silahturahmi dan sebagai sinergi bersama. Selain itu, acara tersebut melibatkan sebanyak 22 sekolah formal dari SMA/SMK, dan 22 tempat pelatihan, serta 5 (lima) Universitas yang ada di Kota Metro. Diharapkan, kedepan DPC HIPKI Kota Metro menjadi lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Metro Wahdi, menyampaikan apresiasi dan berharap dapat menjadi wadah komunikasi dan andil dalam mengembangkan SDM.

“Ini sangat sejalan dengan visi Kota Metro guna mewujudnya Kota Metro berpendidikan, sehat sejahtera dan berbudaya. Selain itu, misi mewujudkan kualitas pendidikan dan kebudayaan yang berdaya saing di tingkat nasional dan global dengan menjunjung tinggi nilai keagamaan,” kata Wahdi.

Masih dikatakannya, bahwa kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan (lack of competency) dan keterampilan (skills) untuk bekerja dan mencari nafkah menopang kehidupannya. Namun, menyikapi persoalan tersebut, perlunya program pendidikan kecakapan hidup (life skill education). Terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan menjadikan salah satu strategi yang diharapkan dapat mengatasi bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran, tambahnya.

Lebih jauh, Wahdi memaparkan bahwa pendidikan kecakapan hidup untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan adalah sebagai upaya pemberian kemampuan pada warga yang membutuhkan. Melalui berbagai keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.

“Kepada segenap anggota pengurus cabang DPC HIPKI Kota Metro, saya harapkan dapat menyumbangkan perannya sebagai salah satu pelopor pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Metro,” paparnya.

Wahdi juga mengingatkan, menjadi pengurus jauh lebih mudah daripada melaksanakan amanah yang harus dijalankan.

“Saya berharap dan mengajak para segenap pengurus, untuk senantiasa meluruskan niat dan berjuang memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kota Metro. Semoga suatu organisasi yang solid dan dilandasi dengan kemampuan organisasi secara mandiri mampu membangun dan meningkatkan kualitas SDM di Kota Metro,” tutup Walikota Wahdi.

 

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.