Perkuat Kerjasama, UIN Raden Intan dan Pemkab Lamtim upayakan gelar Pahlawan Nasional buat KH. Ahmad Hanafiah

MITRAPOL.com, Bandar Lampung – Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung perkuat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur. Kerja sama ini diantaranya untuk mengupayakan pemberian gelar pahlawan nasional kepada tokoh dan Ulama dari Lampung yakni KH. Ahmad Hanafiah.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaluddin PhD mengatakan, gelar pahlawan nasional sangat layak disandangkan kepada KH Ahmad Hanafiah. Alasannya menurut Rektor, dengan mempertimbangkan ketokohan, kepakaran dibidang agama, dan perannya yang turut berjuang di garda terdepan dalam kemerdekaan Republik Indonesia.

Prof. Wan yang juga meneliti KH. Ahmad Hanafiah ini menjelaskan, nama tokoh ini memiliki hubungan erat dengan UIN Raden Intan Lampung.

“Saat awal kampus ini berdiri, salah satu nama yang diusulkan menjadi nama kampus yakni KH Ahmad Hanafiah,” ujarnya.

Menurutnya, KH Ahmad Hanafiah memiliki khazanah keilmuan dan literatur yang luas dan dalam.

“Saya pelajari (literatur) di perpustakaan pribadi milik beliau yang masih tersisa. Sisanya (buku-buku) dibumi hanguskan oleh Belanda, begitupun pondok pesantren yang dibinanya,” jelas Prof Wan saat penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Pemkab Lampung Timur di Ruang Teater UIN Lt.2, Kamis (31/3).

Maka dari itu, Rektor beserta jajaran pimpinan dan sivitas akademika siap mendorong dan mengupayakan gelar pahlawan nasional dari Lampung tersebut.

Sementara itu, Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo berharap agar gelar pahlawan nasional ini bisa diperjuangkan.

“Bukan tanpa alasan, dengan kajian akademis dan sejarah, begitu juga ketokohan beliau, sangat layak diberi gelar pahlawan nasional,” tutupnya.

 

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.