67 Tahun KAA, Uu Ruzhanul ajak warga Jabar tunjukkan solidaritas nyata untuk Palestina

MITRAPOL.com, Cirebon – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengemukakan, peringatan 67 tahun Konferensi Asia Afrika menjadi momentum untuk membangkitkan semangat perdamaian dunia.

“Kami yakin Dasasila Bandung yang dihasilkan dalam Konferensi Asia Afrika masih relevan dengan situasi dan kondisi hari ini. Perdamaian masih dibutuhkan oleh bangsa-bangsa di dunia,” kata Pak Uu –sapaan akrab Wagub- pada acara Peringatan 67 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Halaman Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin (18/4/2022).

“Oleh karena itu momentum kali ini tiada lain untuk mengingatkan dunia, bahwa kita harus berdamai dengan siapapun,” ujarnya.

Pak Uu berharap, peringatan KAA juga menyentuh kembali perhatian dunia untuk rakyat Palestina, yang hingga saat ini masih mengalami konflik bersenjata dan peperangan. Tak hanya terjadi di Ukraina, kata Pak Uu, baku tembak di Palestina juga kembali terjadi di bulan Ramadhan setelah sebelumnya sempat mereda.

“Saya berharap dengan momentum hari yang bersejarah ini, negara-negara di dunia memberikan perhatian terhadap rakyat Palestina yang sudah sekian puluh tahun selalu terjadi konflik dan peperangan, bahkan di bulan puasa sekarang,” tutur Pak Uu.

Untuk itu, Pak Uu mengajak masyarakat Jabar untuk berbondong-bondong menunjukkan aksi solidaritas yang nyata bagi rakyat Palestina.

“Jangan biarkan Palestina sendirian, sementara negara yang di sebelahnya (Ukraina) banyak dukungan dari yang lain,” pungkasnya.

Dukungan tersebut, kata Pak Uu, dapat dilakukan dengan melaksanakan berdoa bersama di bulan suci Ramadan bagi perdamaian di Palestina. Bahkan ia juga mengajak masyarakat Jabar untuk menyisihkan zakat, infaq maupun shodaqoh, untuk dikirimkan langsung sebagai bantuan bagi warga di Palestina.

Pak Uu mengatakan, aksi solidaritas ini juga merupakan dukungan dari masyarakat Jabar, khususnya masyarakat muslim, terhadap perjuangan membela Islam di Palestina.

“Masyarakat Islam di Jawa Barat mendukung terhadap perjuangan Palestina. Oleh karena itu, saya minta umat islam di Jabar pada bulan Ramadhan ini berdoa untuk perdamaian rakyat Palestina,” ajak Pak Uu.

“Bila perlu zakat tahun ini kita kirimkan untuk membantu rakyat Palestina, baik dalam bentuk sembako maupun bantuan lainnya,” katanya.

 

Pewarta : Darto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.