Polisi Siapkan Pospam untuk pantau arus mudik dan balik

MITRAPOL.com, Jabar – Polres Kuningan Polda Jabar bakal siapkan 48 pos pantau selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2022 dan ratusan personil bakal disebar di seluruh wilayah hukum Polres Kuningan Polda Jabar.

“Ada sekitar 48 pos pantau yang akan kita siapkan jelang arus mudik tahun ini. Posko-posko sudah mulai dibangun di beberapa tempat. Kami pun mengecek sarana dan prasarana yang akan digunakan. Ada 423 anggota Polri yang akan kami tempatkan,” jelas Kapolres Kuningan Polda Jabar AKBP DHany Aryanda, S.I.K., Rabu (20/4/2022).

Dari 48 posko tersebut tediri dari 1 pos terpadu, 1 pos pelayanan, 5 pos pengamanan dan 41 pos gatur yang akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis misalnya di Tugu Ikan Sampora, Perempatan Bojong, Taman Cirendang, Taman Kota, Terminal Ciawigebang dan tempat lainnya.

“Untuk lebih menguatkan kembali nanti kita akan melaksanakan dan mengundang instansi terkait untuk rapat lintas sektoral bersama dinas lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kuningan Polda Jsbar AKP Dadang Supriadi mengatakan, selain mendirikan posko, pihaknya pun sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas bila terjadi kepadatan saat arus mudik atau balik.

“Untuk antisipasi kepadatan arus mudik, nantinya akan ditempatkan personil di titik-titik trouble spot di jalan utama menuju Kuningan,” ujar Kasat.

Untuk ganjil genap, kata Kasat, di wilayah Kuningan tidak ada pemberlakuan ganjil genap. Karena untuk antisipasi kepadatan jalur utama, sudah disiapkan rekayasa jalur jalan baru Lingkar Timur untuk memecah arus menuju Kuningan supaya tidak terjadi penumpukan di jalur utama.

“Untuk pengalihan arus mudik nantinya kita lihat secara situasional saja. Jika jalur utama sudah padat maka kendaraan akan dialihkan ke jalan baru Lingkar Timur dan nanti kendaraan bisa memilih jalur sesuai tujuan masing-masing,” ujar Kasat lantas polres Kuningan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengingatkan kepada para pemudik untuk tetap menjaga kesehatan, menerapkan prokes dan melakukan vaksin bagi yang belum divaksin. Untuk para pemudik agar hati-hati dalam berkendara dan patuhi aturan lalu lintas. Jangan lupa demi keamanan dan kenyamanan semua untuk selalu menerapkan prokes.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.