Di Mapolsek Pagelaran, Kades Sindang Laya selesaikan permasalahan warganya dengan musyawarah

MITRAPOL.com, Pandeglang Banten – Dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan sengketa antar warga, misalnya perebutan lahan untuk sektor perkebunan, persaingan usaha tidak sehat untuk sektor industry, atau perebutan pembibitan untuk peternakan dan perikanan dan permasalahan lainnya yang timbul di tengah-tengah masyarakat.

Sengketa atau pun masalah yang melibatkan dinamika sosial budaya ini haruslah dikelola dengan baik agar terhindar dari konflik yang lebih besar dan meluas. Oleh karena itu diperlukan suatu mekanisme yang tepat untuk menyelesaikan sengketa antar warga ini. Juga perlu adanya antisipasi sengketa yang akan bermuara kepada konflik komunal masyarakat.

Mendengar adanya konflik antara warga di wilayah desanya, Hidayat selaku Kepala Desa Sindang Laya kecamatan Pagelaran kabupaten Pandeglang ini dengan cepat merespon untuk menyelesaikannya secara mediasi dan tidak berujung penuntututan secara jalur hukum.

Salah satu metode yang harus kita memberikan solusi kemenangan bagi pihak yang bertikai adalah melalui jasa mediasi, papar Hidayat pada Kamis malam (28/4/22).

Lanjut sang Kades, yang paling sesuai untuk menjadi mediator dalam hal ini adalah pemimpin wilayah misalnya Kepala Desa yang mengerti betul akan kondisi warganya dan tentunya dihormati oleh warganya dan harus sigap menyelesaiakan permasalahan mereka.

Ini permasalahan warga saya dengan terjadinya pemukulan yang adanya korban dan sudah ingin membuat laporan kepolisian di Polsek Pagelaran, tapi dengan kita sebagai kepala desa harus bisa menyelesaikannya dengan secara kekeluargaan.lanjutnya.

Dilokasi yang sama dari kuasa hukum korban yang sempat mengadu kepolisian sektor Pagelaran ini mengatakan hal yang sama bahwa , permasalahan kliennya diselesaikan secara kekeluargaan dan tanpa ke jalur hukum.

Sodik yang menjadi kuasa korban pemukulan ini menjelaskan permasalahan tidak semua masalah itu diselesaikan melalui jalur hukum.

Ia kang, alhamdullilah semua sudah selesai perkaranya kedua belah pihak sudah menyadari bahwa itu adalah kesalah pahaman saja, lanjut Sodik.

Saya salut kepada pak Hidayat selaku kepala desa Sindang Laya Sesuai atas tugas dan pokoknya sebagai kepala desa yaitu sebagai pemimpin sekaligus dapat menjadi mediator dalam penyelesaian perkara antar warga masyarakatnya, sehingga perlu dilaksanakannya penyuluhan sekaligus sosialisasi mengenai penyelesaian sengketa dengan menggunakan jasa mediator serta tugas dan fungsi mediator itu sendiri. jelasnya.

Kanit Reskrim Polsek Pagelaran Ibda Priyo winarno, melalui anggota penyidiknya Bripka Sam’un membenarkan sudah menyelesaiakan perkara warga desa Sindang Laya dengan mempertemukan kedua belah pihak di Polsek Pagelaran dan menyampaikan nasehat agama dan nasehat hukum serta himbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi.

Dengan adanya kegiatan problem solving ini, permasalahan tersebut bisa di mediasi dan di selesaikan secara musyawarah bersama antara kedua belah pihak dan berakhir dengan penanda tanganan surat pernyataan antara kedua belah pihak yang berjanji untuk berdamai dan tidak saling dendam atas kejadian tersebut, singkatnya.

 

 

Pewarta : Royen Siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.